Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertama di Dunia, Badak Jalani CT Scan di Kebun Binatang

Kompas.com - 27/04/2018, 10:01 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

Sumber Newsweek


KOMPAS.com - Layla, seekor badak hitam berusia 7,5 tahun yang mendiami Chicago Zoological Society, didiagnosis mengalami pertumbuhan hidung yang terhambat sehingga menyulitkannya bernapas pada Desember 2017.

Dokter pun telah mengupayakan pengobatan dan operasi untuk menangani hal tersebut.

Selain pengobatan, dokter hewan kebun binatang setempat memutuskan agar Layla menjalani CT Scan untuk menemukan sumber dan tingkat infeksi, agar tim dokter dapat memperbaikinya.

Mengingat bobotnya yang lebih dari 1.000 kilogram, tidak memungkinkan untuk Layla dipindahkan ke rumah sakit hewan di Brookfield Zoo, di luar Chicago.

Baca juga : Gajah, Badak, dan Ikan Bisa Kentut, Bagaimana dengan Dinosaurus?

Untuk menangani hal tersebut, akhirnya dokter menyarankan untuk meletakkan Layla di CT Scan portabel yang bisa dibawa ke kandang.

Dilansir Newsweek, Rabu (25/4/2018), sebuah perusahaan bernama NeuroLogica setuju meminjamkan alat pemindai CT 32-slice portabel bertenaga baterai untuk melakukan pemindaian pertama di dunia pada badak.

40 staf kebun binatang serta teknisi dari NeuroLogica bekerja sama memindahkan Layla ke alat pemindaian portabel tersebut.

Setelah pemindaian, Layla beristirahat di area khusus. Dokter hewan memeriksa hasil pemindaian dan akhirnya menemukan sumber infeksi, yakni jaringan abnormal yang muncul di salah satu rahang atas Layla.

Kini dokter hewan sedang merencanakan untuk membuang semua jaringan abnormal tersebut agar Layla tak mengalami gangguan lagi.

Baca juga : Badak Putih Jantan Punah, Spesies Badak Ini Terancam Menyusul

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Newsweek
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com