Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/04/2018, 20:06 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

KOMPAS.com - 22 April selalu diperingati sebagai hari Bumi. Banyak orang menyerukan aksi untuk menanggulangi pemanasan global, perubahan iklim, dan menciptakan lingkungan yang bersih saat perngatan ini.

Selama lebih dari 50 tahun, kampanye ini terus dilakukan. Tujuannya adalah meningkatkan kesadaran publik tentang masalah lingkungan.

Namun, siapa mengira Neil deGrasse Tyson, seorang astrofisikawan bukan penggemar kampanye penyelamatan bumi itu. Bahkan, Tyson menyebut bahwa itu aneh jika kita terus berbicara mengenai menyelamatkan Bumi.

"Planet Bumi selamat dari serangan asteroid besar, bumi akan bertahan hidup apa pun yang kita lemparkan. Tapi, kehidupan di Bumi tidak akan (bertahan)," kicau Tyson melalui akun twitternya.

Baca juga: Luput dari Mata NASA, Asteroid Sebesar Lapangan Nyaris Tabrak Bumi

Dilansir dari Science Alert, Selasa (24/04/2018), tentu maksud Tyson bukanlah agar kita tidak menjaga lingkungan.

Tyson hanya mendukung ilmu iklim sebelumnya. Menurutnya, banyak bukti menunjukkan bahwa aktivitas manusia lah yang punya pengaruh besar terhadap iklim.

Tyson benar dalam hal mencatat bahwa bumi kita telah bertahan selama 4,5 miliar tahun dari tantangan sepanjang keberadaannya. Meski begitu, perubahan iklim tentu juga jadi ancaman terbesar bagi manusia.

Bahkan jika manusia punah, bumi mungkin akan tetap bertahan.

Kicauan Tyson merupakan pengingat bahwa kelangsungan hidup umat manusia bergantung pada seberapa baik kita menjaga satu-satunya planet yang kita miliki.

Selain itu, mungkin maksud Tyson adalah kita perlu mengubah kata kampanye "Selamatkan Bumi" dengan "Selamatkan Manusia" atau "Selamatkan Kehidupan di Bumi".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com