Kompas.com - 19/03/2018, 18:33 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Sekelompok pecinta aurora yang tergabung dalam grup Facebook Alberta Aurora Chasers berhasil mendokumentasikan aurora baru yang belum pernah terlihat sebelumnya di langit Kanada.

Satu hal yang membedakannya dibanding aurora lainnya adalah bentuk dan warnanya.

Jika biasanya aurora berbentuk tirai tipis dengan warna merah, hijau, atau kuning, aurora yang baru ditemukan ini berbentuk seperti pita dengan warna ungu yang berkilauan pendek dan kadang dikombinasikan dengan sedikit warna hijau yang nampak seperti pagar.

Setelah foto dokumentasi aurora ini diserahkan kepada Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA), peneliti menjulukinya dengan nama Steve.

Baca juga : Dua Aurora Aneh Terlihat di Jupiter, Ternyata Beda Jauh dengan Bumi

Steve merupakan singkatan dari Strong Thermal Emission Velocity Enhancement.

"Pemburu aurora yang berasal dari Alberta, Kanada, melakukan pemotretan di langit bagian utara. Saat mereka memotret langit bagian selatan Kanada, busur ungu yang tipis samar tertangkap kamera," jara Elizabeth MacDonald, fisikawan dari NASA Gooddard Space Flight Center di Greenbelt, Maryland, dilansir National Geographic, Kamis (15/3/2018).

MacDonald yang memimpin pengamatan lebih lanjut berkata ada teori fisika berbeda di balik aurora Steve.

Ia dan timnya melakukan pengamatan dengan menggunakan salah satu satelit Swarm milik European Space Agency.

Aurora Steve Aurora Steve

Dalam temuan yang dipublikasikan dalam jurnal Science Advances, Rabu (14/3/20180, menunjukkan bahwa Steve merupakan manifestasi partikel yang dipercepat dan dipanaskan akibat interaksi matahari dengan bagian medan magnet di ionosfer (bagian atmosfer yang terionisasi oleh radiasi matahari, red).