Ukir Sejarah, Astronom Amatir Ini Tangkap Ledakan Supernova

Kompas.com - 22/02/2018, 20:06 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

Sumber PHYSORG

KOMPAS.com - Sepanjang sejarah belum ada orang yang pernah melihat bintang meledak atau supernova. Hal ini lantaran bintang meledak secara acak dengan cahaya yang tersingkat.

Sejarah itu akhirnya terpatahkan pada 20 September 2016 lalu oleh seorang astronom amatir asal Argentina yang melihat proses supernova dari awal hingga akhir.

Ia adalah Victor Buso, pria 58 tahun yang juga seorang pandai kunci di Rosari, Argentina.

Menjadi saksi penting terjadinya peristiwa kosmik bukanlah hal yang disengaja oleh Buso. Berkat keberuntungan Buso, kini para ilmuwan dan kita dapat mengetahui proses supernova.

Baca juga : Supernova Menguak Adanya Bintang yang Hidup Lagi Setelah Mati

Buso mengaku peristiwa ini diambil saat ia sedang mencoba kamera baru pada teleskop 16 inci miliknya.

Ia mengarahkan kamera untuk membidik galaksi NGC-613 yang berjarak sekitar 80 juta tahun cahaya dari bumi dan terletak di bagian selatan konstelasi sculptor.

Segera setelah memeriksa urutan gambar, Buso menyadari ada titik samar berupa cahaya di ujung galaksi yang tidak terlihat pada gambar pertama. Titik cahaya itu terus membesar dan membuatnya tersadar bahwa itu adalah supernova yang kemudian disebut SN-2016gkg.

Ia langsung memberi kabar ini pada temannya yang juga seorang astronom amatir. Berita menyebar sampai ke telinga Melina Bersten, seorang astronom dari Instituto de Astrofísica de La Plata di Argentina.

Menurut Bersten, Buso telah menangkap peristiwa langka, bagian dari detik-detik pertama ledakan supernova. Ia memperkirakan peristiwa seperti ini hanya terjadi pada 1:10 juta atau 1:100 juta kemungkinan.

Kabar baik langsung disiarkan Bersten pada sekelompok astronom internasional agar dilakukan pengamatan berulang terhadap SN-2016gkg untuk mengetahui jenis bintang yang meledak juga sifat ledakannya.

Astronom yang menindaklanjuti penelitian ini adalah Alex Filippenko yang melakukan pengamatan di Observatorium Lick dan Keck milik Universitas California.

Ia mengatakan data yang dimiliki Buso sangat luar biasa, apalagi selama ini astronom profesional tak pernah seberuntung Buso mendapatkan momen supernova meledak.

"Ini seperti memenangkan undian kosmik. Inilah contoh kemitraan luar biasa antara para astronom amatir dan profesional," kata Filippenko dilansir Phys.org, Rabu (21/2/2018).

Walaupun peristiwa ini sudah terjadi sejak 2016, namun temuan dan hasil pengamatan lanjutan dari seluruh dunia baru dipublikasikan dalam jurnal Nature, Kamis (22/2/2018).