Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabar Baik, Galaksi Kita Tidak Akan Ditelan oleh Andromeda

Kompas.com - 19/02/2018, 18:36 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Studi terbaru mengungkap bahwa ukuran galaksi Andromeda tidak lebih besar dari Milky Way atau Bimasakti.

Bimasakti dan Andromeda adalah dua galaksi spiral raksasa yang berjarak sekitar dua juta tahun cahaya. Andromeda begitu dekat dengan kita di bumi, sehingga merupakan satu dari hanya 10 galaksi yang bisa dilihat dengan mata telanjang

Para ilmuwan sebelumnya mempercayai bahwa ukuran Andromeda tiga kali lebih besar dari Bimasakti dan percaya bahwa suatu saat nanti Andromeda akan menguasai Bimasakti.

Namun, kedua hal tersebut tidak dibenarkan dalam studi terbaru. Menurut ilmuwan, penelitian sebelumnya hanya melebih-lebihkan jumlah materi gelap di galaksi Andromeda.

Baca Juga: Pertama dalam Sejarah, Ribuan Astronom Amatir Temukan Galaksi Baru

"Dengan mengamati orbit pada bintang berkecepatan tinggi, kami menemukan bahwa materi gelap pada galaksi ini jauh lebih sedikit dari perkiraan awal, dan mungkin hanya sepertiga dari perkiraan sebelumnya," kata Prajwal Kafle, peneliti di University of Western Australia dan penulis penelitian ini kepada USA Today.

Namun demikian, ilmuwan menjelaskan kemungkinan kedua galaksi tersebut akan bertabrakan, tetapi hal itu tidak akan terjadi hingga 4 miliar tahun nanti.

Menurut peneliti NASA, meskipun kedua galaksi tersebut akan bertabrakan, bintang-bintang yang ada di dalamnya terlalu jauh untuk juga saling bertabrakan dan justru akan beralih ke orbit yang berbeda di sekitar pusat galaksi yang baru.

Sementara itu, simulasi juga menunjukkan bahwa tata surya kita mungkin akan terlempar lebih jauh dari inti galaksi dari sekarang apabila terjadi tabrakan. 

Penelitian ini telah dipublikasikan di jurnal Monthly Notices of the Royal Astronomical Society.

Baca Juga: Galaksi Tertua di Jagat Raya Ditemukan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com