Benarkah Wanita Tak Menarik Cenderung Melakukan Perselingkuhan? - Kompas.com

Benarkah Wanita Tak Menarik Cenderung Melakukan Perselingkuhan?

Kompas.com - 13/02/2018, 17:31 WIB
Ilustrasi selingkuhGOLFX Ilustrasi selingkuh


KOMPAS.com - Anggapan wanita cantik tak setia atau mudah selingkuh mungkin harus dihilangkan dari pikiran kita.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh periset AS justru menemukan bahwa wanita yang menganggap dirinya menarik ternyata jauh lebih mungkin untuk setia.

Hal yang sama juga ditemukan pada wanita yang telah banyak mengalami pengalaman campur aduk sebelum akhirnya memutuskan untuk menikah. Mereka setia dan tidak selingkuh.

Sebaliknya, wanita yang merasa dirinya "pas-pasan" secara fisik dan menyandang predikat sebagai wanita "baik-baik" justru lebih mungkin untuk selingkuh.

Baca juga : Ini Alasan Wanita Tergoda Selingkuh

Penelitian ini dilakukan oleh peneliti asal Florida State University. Mereka mengamati 233 pasangan yang baru menikah dan mendokumentasikan keintiman hubungan mereka, termasuk kepuasan perkawinan, komitmen jangka panjang, dan apakah mereka telah terlibat dalam perselingkuhan saat masih bersama.

Hasil yang dipublikasikan dalam Journal of Personality and Social Pscychology memperkirakan bahwa munculnya perselingkuhan dipicu daya tarik diri sendiri dan pasangan.

"Secara khusus, daya tarik personal dikaitkan dengan perselingkuhan di kalangan wanita. Wanita yang kurang menarik justru lebih cenderung terlibat dalam perselingkuhan," kata Jim McNulty penulis utama dalam penelitian tersebut dilansir dari Telegraph, Senin (12/2/2018).

Timnya juga menemukan bahwa pria cenderung terlibat dalam perselingkuhan saat pasangan mereka kurang menarik.

Anehnya, para peneliti menemukan bahwa orang-orang yang puas dengan kehidupan seks mereka lebih cenderung selingkuh.

Peneliti menjelaskan, walaupun kehidupan seks rumah tangga mereka memuaskan dan dianggap positif, tetap saja akan mencari jenis hubungan lain.

Penelitian ini juga menemukan bahwa orang-orang yang cenderung dianggap biasa saja jauh lebih menarik perhatian dibanding mereka yang secara fisik menarik.

Baca juga : Mengapa Banyak Perempuan Suka Berkencan dengan Pria Beristri?

Peneliti menduga alasan di balik perilaku tersebut adalah pengalaman di masa lalu.

"Orang tidak menyadari apa yang mereka lakukan atau mengapa mereka melakukannya. Proses ini sebagian besar spontan dan tanpa usaha. Ini mungkin terbentuk secara biologis atau pengalaman masa anak-anak," kata Dr McNulty.


Komentar
Close Ads X