Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berpikir Positiflah, Anda Akan Terhindar dari Demensia!

Kompas.com - 12/02/2018, 19:35 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

KOMPAS.com — Berpikir positif sering dianggap mempunyai banyak manfaat. Namun, kali ini sebuah penelitian kembali menegaskan bahwa anggapan tersebut memang benar.

Dalam penelitian baru ditemukan bahwa berpikir positif tentang menjadi tua secara signifikan dapat mengurangi risiko demensia atau kepikunan. Hasil ini juga berlaku pada orang yang memiliki faktor risiko genetik demensia.

Sebelum mendapat temuan tersebut, para peneliti yang berasal dari Yale University dan National Institute on Aging Amerika Serikat mempelajari hampir 5.000 orang yang berusia 60 tahun ke atas. Mereka melakukan penelitian selama 4 tahun.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal PLOS ONE ini menilai persepsi peserta dengan menguji mereka tentang berbagai aspek usia. Para peserta ditanyai seberapa kuat mereka setuju atau tidak setuju terhadap pernyataan, seperti, "Semakin tua saya, semakin tidak berguna yang dirasakan."

Baca juga: Kenapa Prevalensi Demensia DI Yogyakarta Lebih Tinggi daripada Dunia?

Studi ini juga merupakan yang pertama dalam menganalisis bagaimana kepercayaan budaya tentang efek penuaan dapat memengaruhi perkembangan demensia, bahkan pada pasien yang berisiko tinggi karena punya faktor genetik.

Menurut penelitian sebelumnya, salah satu faktor risiko demensia terkuat adalah varian gen ε4 APOE. Dalam penelitian yang terpisah ditemukan bahwa seperempat populasi di AS membawa varian ini.

Meski demikian, hanya 47 persen dari pembawa varian gen tersebut yang mengembangkan penyakit otak demensia.

Sementara pada orang-orang tanpa varian genetik ini yang memiliki pikiran positif, mereka 44 persen lebih kecil untuk mengembangkan demensia. Sementara itu, pada pembawa varian genetik ini, pikiran postif membuat mereka 50 persen lebih kecil untuk mengembangkan penyakit otak ini.

"Kami menemukan bahwa pikiran positif pada usia dapat mengurangi risiko dari salah satu faktor risiko genetik terbesar demensia," ujar Becca Levy, penulis utama penelitian ini dikutip dari Newsweek, Kamis (8/2/2018).

"Ini membuat sebuah kasus untuk diterapkan dalam kampanye kesehatan masyarakat melawan diskriminasi usia, yang merupakan sumber kepercayaan negatif terhadap penuaan," imbuh profesor kesehatan masyarakat dan psikologi di Yale School of Public Health tersebut.

Dalam laporan ABC News, Kamis (8/2/2018), stres disebut-sebut sebagai faktor kunci pengembangan demensia.

Baca juga: 10 Gejala Demensia Dini yang Patut Anda Waspadai

"Mereka yang memiliki stereotip negatif terhadap penuaan cenderung mendapatkan respons yang lebih buruk terhadap stres," ujar Levy.

"Penelitian lain telah menemukan bahwa stres dapat dikaitkan dengan pengembangan demensia. Jadi, pemikiran kita adalah mungkin saja stres merupakan bagian dari mekanisme apa yang kita amati dalam penelitian ini," imbuhnya.

Sayangnya, penelitian ini masih memiliki beberapa kekurangan. Henry Brodaty dari University of New South Wales, Australia menyebut bahwa penelitian ini dibatasi oleh pendekatannya terhadap tes demensia.

Brodaty menyebut, peserta didiagnosis menggunakan sambungan telepon, bukan penilaian klinis yang lengkap. Meski begitu, dia menyebut bahwa penelitian ini masih signifikan.

Sayangnya, belum diketahui apakah kepercayaan negatif dapat menyebabkan perkembangan demensia, atau sebaliknya.

"Kita tidak tahu apakah mengubah kepercayaan akan membuat perbedaan... jika Anda bisa menunjukkannya, itu akan menarik," ungkap Brodaty.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com