Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Temuan Tak Terduga yang Terungkap lewat Google Earth Selama 2017

Kompas.com - 03/01/2018, 17:34 WIB
Lutfy Mairizal Putra

Penulis

KOMPAS.com -- Google Earth memungkinkan kita untuk melihat berbagai tempat di dunia secara langsung. Katalog visual terbesar itu dapat diakses publik, kapan pun dan di mana pun. Selain dari pandangan satelit, ada juga pemandangan dari jalan.

Uniknya, setiap tahun hampir selalu terjadi temuan menarik, ilmiah, lucu, hingga aneh melalui Google Earth. Berikut ini adalah 6 temuan menarik di Google Earth sepanjang tahun 2017 yang menarik untuk Anda simak:

1. 400 Bangunan Batu Misterius di Arab Saudi

Google Earth menemukan 400 bangunan batu misterius di Arab Saudi yang telah berusia ribuan tahun. Ini menjadi temuan arkeologi paling menarik melalui Google Earth.

Lokasinya berada di wilayah Harrat Khaybar. Para arkeolog menyebut batuan itu sebagai “gerbang” karena bentuknya yang menyerupai gerbang lapangan dari atas di sisi gunung berapi yang lama tak aktif.

Sejauh ini, para peneliti masih mempelajari gerbang melalui citra satelit dan tidak yakin dengan tujuan struktur gerbang batu itu

Baca juga : Dari Langit, Tampak 400 Struktur Misterius di Arab Saudi, Apakah Itu?

Struktur misterius di Arab Saudi yang menyerupai gerbang.Google Earth Struktur misterius di Arab Saudi yang menyerupai gerbang.

2. "A Hole" raksasa

Pengguna Reddit (situs web hiburan) mengunggah tangkapan layar sebuah citra satelit pada April 2017 silam. Isinya berupa ukiran “A Hole” di atas rumput yang ada di luar rumahm kawasan Sequim, Washington. Ada juga ukiran tanda panah yang mengarah ke rumah tetangga.

SF Gate, yang melaporkan kejadian tersebut, menemukan bahwa rumah tetangga yang bersangkutan sebelumnya "mengganggu beberapa masyarakat setempat dengan sebuah garasi ungu."

A giant A Hole di Washington A giant A Hole di Washington

3. Lava cair

Tim pemetaan Google berupaya memperluas jangkauan penglihatan Google Earth hingga ke beberapa sudut dunia. Salah satunya adalah danau lava aktif dan menggelembung di Kawah Marum, Ambryn, gunung berapi di negara kepulauan Pasifik, Vanatu.

Google mengirim dua penjelajah yang dilengkapi kamera 360 derajat ke dalam kawah. Mereka berhasil menempuh perjalanan sampai tepi batuan cair.

Lava cair di Kawah Marum, Ambryn, gunung berapi di negara kepulauan Pasifik, Vanatu. Lava cair di Kawah Marum, Ambryn, gunung berapi di negara kepulauan Pasifik, Vanatu.

4. Milenium Falcon

Milenium Falcon, pesawat fiksional dalam serial film Star Wars tertangkap satelit Google Earth saat hendak disembunyikan oleh pihak studio film Longcross di Chertsey, Inggris. Model Milenium Falcon ditutup dengan bantuan terpal dan beberapa kontainer pengiriman.

Dari satelit Google Earth, perspektifnya menjadi tidak biasa, dan Anda bisa melihat upaya untuk menyembunyikan properti raksasa tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com