Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/12/2017, 21:20 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

Sumber SPACE.COM

KOMPAS.com - Sebuah penampakan di langit sempat menggegerkan warga California pada Jumat (22/12/2017) malam. Pasalnya, sebuah benda bercahaya misterius melintasi kota mereka malam itu.

Hal ini memicu kecurigaan tentang Unidentified Flying Object (UFO) atau kapal alien. Apalagi setelah pemerintah Amerika Serikat secara terang-terangan mengungkapkan pencarian UFO beberapa waktu yang lalu.

Sayangnya, cahaya misterius di langit California itu bukanlah UFO seperti yang ramai dikicaukan di twitter atau media sosial lainnya.

Cahaya aneh itu berasal dari peluncuran roket SpaceX dari pangkalan angkatan udara Vanderberg di California, sebelah utara Los Angeles.

Baca juga: Pilot Angkatan Laut AS Ungkap Penemuan UFO Berbentuk Permen

Roket yang membawa 10 satelit komunikasi Iridium Next ke orbit setelah matahari terbenam. Hal tersebut meninggalkan kilasan cahaya yang luas di sekitar roket pada saat meluncur ke angkasa di lintasan selatan.

Untuk meredam kehebohan publik, pemadam kebakaran Los Angeles bahkan mengeluarkan sebuah pernyataan bahwa cahaya misterius di langit tersebut hanyalah peluncuran roket SpaceX.

Namun hal ini tetap saja cukup menghebohkan warga setempat.

"Kami memiliki seseorang di grup yang tahu itu peluncuran SpaceX. Jika tidak, semua orang di meja tidak tahu apa itu," ungkap Hany Girgis, seorang warga La Jolla dikutip dari Space.com, Minggu (24/12/2017).

"Semua orang di sana mulai mengeluarkan ponsel mereka dan mengambil video serta foto. Pemandangan yang luar biasa dengan bersama dengan matahari dan pohon palem sebagai latar belakang," sambungnya.

Hal ini senada juga diungkapkan oleh Michelle Snyder di Coronado, California.

"Tidak tahu apa yang terjadi pada awalnya... Harus saya katakan itu adalah salah satu momen paling keren saya!" kata Snyder.

Baca juga: Benarkah Benda Putih saat Peluncuran Pesawat Ulang-Alik Ini UFO?

Penampakan cahaya misterius ini juga dapat dilihat dari jauh. INi teramati dari kicauan para warganet di Twitter.

Beberapa pengguna dari Meksiko dan Tucson, Arizona bahkan mengungkapkan mereka sempat melihat cahaya aneh ini dan mengabadikannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SPACE.COM
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com