THOR, Gen Kuno yang Memegang Kunci Keselamatan Manusia dari Kanker

Kompas.com - 18/12/2017, 18:06 WIB
Lutfy Mairizal Putra

Penulis

Sumber Newsweek

KOMPAS.com –- Dunia medis terus berupaya mencari cara melawan keganasan kanker, dan temuan terbaru dari Pusat Kanker Komprehensif Universitas Michigan berkata bahwa rahasianya berada pada THOR.

Jangan salah paham, yang dimaksud dengan THOR di sini bukanlah karakter fiksi dalam komik Marvel yang menggunakan palu ajaib dan petir untuk mengalahkan musuh-musuhnya.

THOR adalah sebuah gen yang baru ditemukan oleh para peneliti. Nama tersebut merupakan singkatan dari Testis-associated Highly-conserved Oncogenic long non-coding RNA.

Temuan ini bermula saat para peneliti menyelediki daerah genom yang belum dijelajahi sebelumnya. Mereka menemukan RNA non-coding yang Panjang (IncRNA). Tidak seperti asam ribonukleat khas, atau rantai sel RNA, lncRNA tidak diwujudkan ke dalam protein.

Baca juga : Tes Sederhana Ini Bisa Prediksi Apakah Kanker Kulit Akan Kambuh Lagi

Rantai sel IncRNA telah ditemukan di sejumlah spesies, antara lain pada manusia, tikus, dan ikan zebra. Menurut para peneliti keberadaan IncRNA termasuk langka.

Meski telah lama ada, IncRNA tak mengalami evolusi. Lantas, para peneliti berhipotesis sel ini penting bagi kehidupan manusia.

"Gen yang dilestarikan secara evolusioner kemungkinan penting untuk proses biologis. Fakta bahwa kami menemukan THOR sebagai IncRNA yang sangat terlindungi dari kerusakan itu menyenangkan, " kata penulis studi Arul Chinnaiyan, direktur Pusat Patologi Translasi Michigan dan seorang profesor patologi di Ilmu Kedokteran Michigan, seperti dilansir Newsweek pada Kamis (14/12/2017).

Kemudian, Chinnaiyan dan koleganya menyelidiki bagaimana THOR dapat terlibat dalam beberapa jenis kanker, terutama kanker paru-paru dan melanoma.

Penelitian yang telah dipublikasikan di jurnal Cell, kemarin, mengungkapkan bahwa saat THOR disingkirkan dari garis sel, pertumbuhan tumor pada ikan zebra melambat. Sel ikan zebra juga tumbuh dengan normal. Sebaliknya, saat THOR diberi terlalu banyak, tumor tumbuh dengan cepat.