Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/11/2017, 12:38 WIB
Gloria Setyvani Putri,
Yunanto Wiji Utomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Skizofrenia dapat dideteksi bukan hanya setelah orang lahir.

Penelitian terbaru membuktikan, bibit skizofrenia sudah dapat dideteksi bahkan sejak masih di dalam kandungan. Tepatnya sejak janin berusia 12 minggu.

Dengan adanya penemuan ini, berarti ibu atau tenaga medis sudah dapat mengobati bayinya agar terhindar dari skizofrenia sebelum bayi lahir.

Para ilmuwan mengembangkan 'otak mini' dalam kondisi laboratorium untuk mengidentifikasi gangguan pada sel induk yang mengelilingi rongga otak saat janin masih dalam trisemester pertama.

Baca Juga: Pasien Skizofrenia Butuh Kemudahan Akses Obat Berkualitas

Menurut ilmuwan, ini merupakan langkah besar untuk memahami asal usul biologis kelainan otak. Di mana hal ini pertama kali dijelaskan dalam teks medis Mesir Kuno yang disebut Ebers Papyrus di tahun 1500 SM.

"Penyakit ini telah disalahartikan selama 4.000 tahun," ujar salah satu peneliti, Michal K. Stachowiak dari the State University of New York, Buffalo, dikutip dari Science Alert, Jumat (24/11/2017).

"Sekarang kami memiliki bukti bahwa skizofrenia adalah kelainan yang diakibatkan oleh perubahan mendasar dalam pembentukan struktur otak," sambung Stachowiak.

Tim Stachowiak memelihara organ yang disebut organoid serebral. Itu adalah organ miniatur menyerupai otak yang dibuat menggunakan sel kulit yang diprogram ulang dari tiga orang penderita skizofrenia dan empat orang yang tidak memiliki skizofrenia bertugas sebagai kelompok kontrol.

Dengan menambahkan nutrisi, asam, dan glukosa yang tepat, jaringan itu bisa tumbuh untuk menciptakan neuroectoderm, sebuah jaringan yang membentuk otak. Setelah itu, rongga otak, korteks, dan daerah yanng mirip dengan batang otak akan muncul.

"Tujuan penelitian ini adalah merekapitulasi tahapan penting dalam pembentukan otak yang terjadi di rahim," katanya.

Saat tiruan otak kecil yang dikembangkan dari pasien skizofrenia mulai terbentuk, para ilmuwan melihat adanya kelainan pada organoids. Sel induk progenitor saraf yang membentuk neuron tidak terdistribusi dengan baik dan sangat sedikit saraf dewasa yang akhirnya muncul di korteks.

Hal ini sesuai dengan penelitan sebelumnya yang menyatakan skizofrenia terkait dengan pemecahan fungsi korteks. Bagian otak ini berfungsi menangani hal-hal penting seperti memori, perhatian, dan pemrosesan bahasa.

Baca Juga: Mengapa Gejala Skizofrenia Baru Muncul di Usia Remaja?

"Penelitian kami menunjukkan bahwa penyakit ini kemungkinan sudah dimulai pada trimester pertama dan melibatkan pembelahan sel yang dipercepat, migrasi berlebihan, dan diferensiasi dini sel neuroectodermal ke neuron," jelas Stachowiak.

"Neuron yang menghubungkan daerah korteks yang berbeda disebut interneuron, menjadi salah arah dalam korteks skizofrenia, menyebabkan daerah korteks menjadi tidak terhubung. Seperti kabel yang tidak terhubung semestinya," sambungnya.

Setelah peneliti melihat adanya kesalahan 'pemasangan kabel' dalam tahap perkembangan otak, langkah selanjutnya adalah menentukan penanganannya.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com