Peneliti Klaim Selera Musik Orang Bisa Diubah dengan Magnet

Kompas.com - 22/11/2017, 11:57 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

KOMPAS.com - Menikmati musik selalu menjadi pengalaman subjektif bagi seseorang. Itu karena selera musik setiap orang berbeda-beda.

Teori musik telah lama menekankan bahwa meski punya selera musik yang berbeda, kenikmatan musik muncul dari ciri struktural musik seperti akor atau pola irama yang menghasilkan antisipasi dan harapan.

Sekarang, peneliti dari Montreal Neurological Institute dan Hospital of McGill University telah membuktikan bahwa ada kemungkinan untuk meningkatkan atau mengurangi kenikmatan musik yang kita suka serta keinginan kita untuk mendengarkan musik yang lain.

Hal ini berhubungan dengan peningkatan atau gangguan pada sirkuit otak tertentu. Mereka menggunakan magnet untuk melakukan hal tersebut.

Baca juga: Musik dan Catur Tidak Membuat Anak Jadi Pintar, Ini Penjelasannya

Penelitian sebelumnya yang menggunakan pencitraan otak menemukan bahwa mendengarkan musik yang menyenangkan melibatkan sirkuit atau jaringan otak yang terlibat dalam antispiasi kejutan yang dikenal sebagai rangkaian frontostriatal.

Kendati demikian, belum pernah diuji apakah jaringan otak tersebut penting terhadap kepuasan dalam menikmati musik, atau apakah mereka dapat dimanipulasi untuk mengubah ukuran subjektif dan fisiologis saat menikmati musik.

Untuk memodulasi fungsi rangkaian frontostriatal, para peneliti dari laboratorium Robert Zatorre menggunakan stimulasi otak non-invasif dan transcranial magnetic stimulation (TMS). Stimulasi ini menggunakan pulsa magnetik untuk merangsang atau menghambat bagian otak yang dipilih.

Dalam kasus ini, para peneliti menerapkan TMS di atas korteks prefrontal dorsolateral kiri (DLPFC). Penelitian pencitraan otak telah menunjukkan bahwa stimulasi di wilayah ini memodulasi fungsi rangkaian frontostriatal yang menyebabkan pelepasanan dopamin.

Dalam tiga sesi terpisah, para peneliti menerapkan rangsangan, penghambat, atau TMS tidak nyata di sebelah kiri DLPFC kepada peserta yang sehat.

Setelah rangsangan dilakukan, peserta mendengarkan musik kesukaan mereka sendiri serta musik pilihan peneliti. Sambil mendengarkan musik, para peserta menilai secara langsung bagaimana kenikmatan musik tersebut.

Para peneliti pun mengukur respon psikofisiologis para peserta. Selain itu, paserta ditawari kesempatan untuk membeli musik yang dipilih oleh para peneliti dengan uang sungguhan untuk mengukur motivasi mereka mendengarkan musik lagi.