Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/11/2017, 19:04 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com -- Memasuki bulan November, istilah "No-Shave November" semakin sering terdengar. Sudahkah Anda mengenal dan tahu apa artinya?

Bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, No-Shave November memiliki arti "Tidak mencukur selama bulan November".

Ini merupakan gerakan yang dilakukan selama satu bulan, di mana pria dan wanita tidak boleh mencukur atau melakukan perawatan rambut.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan kewaspadaan pada isu kesehatan. Selama satu bulan, dalam kondisi badan dipenuhi bulu, baik pria dan wanita diharapkan dapat membangun percakapan dan meningkatkan kesadaran akan berbagai penyakit, mulai dari kanker prostat, kanker testis, sampai kesehatan mental atau depresi.

BACA: Penderita Kanker di NTT Meningkat Tiap Tahun, Kanker Serviks Terbanyak

Rambut sendiri menjadi simbol yang dipakai karena banyak pasien kanker kehilangan rambutnya.

Dilansir dari laman resmi No-Shave November, Rabu (1/11/2017), gerakan ini juga memiliki aturan yang sederhana.

Setelah melakukan registrasi pada laman tersebut, uang yang biasanya dipakai untuk mencukur rambut atau perawatan akan didonasikan.

Setiap orang juga dapat membuat penggalangan dana No-Shave November untuk membantu orang lain dengan kanker.

BACA: Material Nano Beri Harapan Penyembuhan Kanker Tanpa Rusak Tubuh

Uang yang terkumpul itu nantinya akan digunakan untuk keperluan pasien kanker, mulai dari dana untuk penelitian kanker yang inovatif, penyebaran informasi pencegahan kanker, peyelamatan nyawa, sampai membantu mereka yang sedang melawan kanker.

No-Shave November sebenarnya bukan hal baru. Tradisi ini telah dilakukan selama beberapa tahun terakhir ketika sebuah keluarga memutuskan untuk membuat kampanye yang membantu penyembuhan kanker, setelah ayah mereka meninggal.

Menurut situs resmi No-Shave November, ada delapan anak Chicago yang merupakan anggota keluarga Hill. Mereka kehilangan sang ayah, Matthew Hill, pada November 2007 karena kanker usus besar.

Dipicu dari tragedi itu, kedelapan anak muda ini memutuskan untuk membuat kegiatan amal dengan nama No-Shave November. Mereka mengumpulkan dana untuk penelitian kanker.

Gerakan ini pun dibantu oleh beberapa Yayasan khusus untuk memerangi kanker bersama, seperti Prevent Cancer Foundation, Fight Colorectal Cancer dan the St. Jude Children’s Research Hospital.

Jadi, sudahkah Anda cukup peduli dan mau ikut melakukan kampanye No-Shave November?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com