Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum 17 Agustus, Pesawat N219 Ditargetkan Terbang Perdana

Kompas.com - 10/08/2017, 17:00 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

KOMPAS.com - Sebelum perayaan kemerdekaan Indonesia poada 17 Agustus 2017 nanti, pesawat N-219 hasil pengembangan PT Dirgantara Indonesia, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dan sejumlah lembaga ditargetkan terbang perdana.

"Kita targetkan terbang perdana seminggu ke depan," kata Thomas Djamaluddin, Kepala LAPAN, di sela perayaan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke-22 di Makassar, Kamis (10/8/2017).

Thomas mengungkapkan, N-219 sebenarnya sudah siap diterbangkan. Namun, untuk uji terbang, pihaknya dan PT Dirgantara Indonesia masih harus menunggu sertifikasi dan izin terbang dari pihak terkait. Itu yang belum dikantungi.

"Sebenarnya kemarin (Rabu, 9/8/2017) kita sudah ujicoba lagi. Roda depan sudah bisa mengangkat. Artinya kita sudah bisa uji terbang," jelasnya.

Baca Juga: Habibie: Kalau Saya Bisa Produksi N 250 atau R 80 Tiap Hari...

Jika pengurusan izin lancar, maka sebelum perayaan kemerdekaan Indonesia, N-219 sudah bisa terbang perdana. Setelahnya, perekayasa akan mengevaluasi hasil uji tersebut dan melakukan perbaikan yang diperlukan.

"Biasanya tidak butuh waktu lama lagi untuk perbaikan," ungkap Thomas.

Jika urusan terbang perdana dan perbaikan lancar, pesawat N-219 sudah bisa diproduksi pada 2018. Thomas menyebut, sudah ada pihak yang berminat menggunakan pesawat itu. Menurutnya, Indonesia setidaknya bisa menghasilkan 6 buah pesawat nantinya.

Baca Juga: Produksi N219 Bisa Gerakkan Ekonomi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com