Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tujuh Bulan Mati Suri, Pendarat Komet "Hidup" Lagi

Kompas.com - 15/06/2015, 10:24 WIB


KOMPAS.com — European Space Agency (ESA) mengabarkan, wahana pendarat komet, Philae, telah "terbangun" dan menghubungi bumi setelah tujuh bulan mengalami hibernasi.

Philae adalah wahana pertama yang berhasil mendarat di permukaan komet. Wahana tersebut turun ke permukaan komet 67 P setelah melepaskan diri dari wahana induknya, Rosetta, pada November 2014 lalu.

Philae langsung "mati suri" setelah mendarat di komet karena lingkungan yang sangat ekstrem dan tidak mendapat cukup cahaya matahari.

Menurut salah satu ilmuwan, Jonathan Amos, komet kemudian bergerak mendekat ke matahari dan Philae memiliki daya yang cukup untuk bekerja lagi.

"Halo Bumi! Anda dapat mendengar saya?" demikian sapaan pesan dari Philae yang di-posting blog Esa.

Philae menghubungi bumi melalui Rosetta selama 85 detik dalam kontak pertama sejak hibernasinya pada November tahun lalu.

"Philae melakukannya dengan sangat baik. Ia memiliki suhu operasi -35ºC dan memiliki 24 watt yang tersedia," kata Manajer Proyek Philae, Stephan Ulamec.

Para ilmuwan mengatakan, mereka sekarang sedang menunggu kontak berikutnya. Philae dirancang untuk menganalisis es dan batu pada komet.

Sebelum kehilangan daya, Philae mengirim gambar sekitarnya yang menunjukkan ia berada di tempat jenis selokan dengan dinding tinggi yang menghalangi sinar matahari dari panel surya. Lokasi tepatnya di komet masih menjadi misteri hingga kini. (Lutfi Fauziah)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com