Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Panorama 360 Derajat Bulan Pertama Jepretan China

Kompas.com - 22/01/2014, 07:02 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis


KOMPAS.com — Untuk pertama kalinya, lewat wahana Chang'e 3 dan Yutu milik China, panorama 360 derajat Bulan yang berwarna bisa dinikmati.

Dapat dilihat pada foto di atas, tampak panorama permukaan Bulan yang berwarna kelabu. Tampak pula batuan-batuan Bulan yang terlihat berwarna putih.

Panorama Bulan itu dihasilkan lewat hasil olahan foto-foto wahana pendarat Chang'e yang mendarat membawa Yutu ke Bulan 15 Desember 2013 lalu.

Dikutip dari Universe Today, Minggu (19/1/2014), sejumlah citra yang diambil 17 dan 18 Desember 2013 itu kemudian diolah oleh Ken Kremer dan Marco di Lorenzo sehingga menghasilkan panorama Bulan tersebut.

Panorama 360 derajat itu memusatkan perhatian pada wahana Yutu, wahana yang namanya diambil dari kelinci giok piaraan Dewi Chang'e 3.

Panorama juga memperlihatkan jejak gerak Yutu yang ditargetkan akan menyelidiki geologi dan sumber daya alam Bulan.

Selain panorama di atas, terdapat pula panorama interaktif yang dibuat oleh seorang pehobi antariksa, Andrew Bodrow. Di panorama interaktif, terdapat wajah Bumi.

China adalah negara ketiga yang berhasil melakukan misi ke Bulan setelah Amerika Serikat dan Uni Soviet empat dekade lalu.

Chang'e 3 mendarat setelah 12 hari peluncurannya dari Xichang Satellite Launch Centre di Sichuan, China.

Sejak pendaratannya, Chang'e 3 dan Yutu telah menghasilkan sejumlah foto menarik, di antaranya foto close-up Bulan pertama dalam empat dekade terakhir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com