Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wajah "Close-Up" Bulan Jepretan Wahana Chang'e 3 China

Kompas.com - 15/12/2013, 18:52 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis


KOMPAS.com - Wahana antariksa China, Chang'e berhasil mendarat di Bulan pada Sabtu (14/12/2013). Segera setelah mendarat di Bulan, kamera Chang'e memotret permukaan Bulan dari jarak dekat.

Citra Bulan tersebut dikirimkan ke Beijing Aerospace Control Center di Beijing, China. Foto yang dikirimkan seperti ditunjukkan pada gambar di atas. Foto itu merupakan foto jarak dekat Bulan setelah bertahun-tahun misi antariksa hanya memotret Bulan dari jarak jauh.

Foto memperlihatkan permukaan Bulan yang kasar, beserta batu-batunya. Permukaan Bulan ini selanjutnya akan dijelajahi oleh kendaraan bernama Yutu yang dibawa Chang'e 3. Yutu akan menyelidiki geologi dan sumber daya di Bulan.

Pendaratan Chang'e 3 dengan membawa Yutu adalah bentuk lompatan besar China. China berhasil menjadi negara ke 3 setelah Amerika Serikat dan Uni Soviet yang berhasil mendarat di Bulan. Pendaratan China juga merupakan pendaratan Bulan pertama setelah 4 dekade.

Diberitakan Xinhua, Sabtu, misi Chang'e diluncurkan pada 2 Desember 2013 lalu. Sun Huxian, deputi perekayasa misi Chang'e mengatakan, misi ke Bulan China bertujuan damai, hanya ingin mengetahui seluk beluk dunia di semesta yang belum diketahui.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com