Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bulan Ini, Ada Lintang Kemukus yang Mengalahkan Terang Venus

Kompas.com - 11/11/2013, 19:58 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis


KOMPAS.com — Siap-siap untuk kejutan pada akhir November ini. Ada lintang kemukus alias komet yang bakal mengalahkan terang Planet Venus.

Lintang kemukus apa itu? Tak salah lagi, itu adalah komet ISON.

ISON adalah sebuah komet yang berasal dari Awan Oort, "gudang" komet di dekat Tata Surya. ISON ditemukan oleh astronom asal Rusia, Vitali Nevski dan Artyom Novichonok, pada 24 September 2012.

ISON bergerak dari Awan Oort menuju Tata Surya lewat orbit yang berbentuk parabola. Kedatangan ISON kali ini merupakan yang pertama. ISON akan mencapai titik terdekat dengan Matahari pada 28 November 2013.

Kala mencapai titik terdekatnya nanti, ISON akan bersinar terang.

"Kecerlangan ISON akan mengalahkan kecerlangan Venus," kata astronom amatir Ma'rufin Sudibyo kala dihubungi Kompas.com, Minggu (10/11/2013). ISON akan tampak dengan magnitudo mencapai -6, sementara Venus tampak dengan magnitudo -4.

Magnitudo menyatakan kecerlangan benda langit. Semakin negatif, semakin terang benda langit itu dari sudut pandang manusia di Bumi.

Ma'rufin menambahkan, dengan magnitudo mencapai -6, maka ISON juga bisa dilihat dengan mata telanjang pada siang hari bolong. "Syarat minimal untuk terlihat pada siang hari adalah punya magnitudo minimal -6," katanya.

Siap menanti lintang kemukus satu ini?

ISON diprediksi akan menjadi komet paling terang dalam 50 tahun terakhir. Kesempatan untuk melihat ISON kali ini sangat sayang untuk dilewatkan karena belum tentu komet ini akan lewat lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com