Teknologi Semi Robotik Jadikan Operasi Mata Lebih Efektif dan Efisien

Kompas.com - 07/02/2020, 19:31 WIB
Ilustrasi operasi semi robotik (semi-robotic surgery) Ilustrasi operasi semi robotik (semi-robotic surgery)


KOMPAS.com - Perkembangan teknologi robotik telah membantu banyak bidang dalam melakukan efisiensi dan efektivitas atas pekerjaan yang dilakukannya, termasuk dalam operasi mata.

Gangguan mata menjadi penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat dunia, seperti katarak dan retina adalah yang paling banyak dialami oleh masyarakat, yang mana gangguan mata ini umumnya mengakibatkan penglihatan yang kabur.

Dalam melakukan operasi katarak dan retina, para dokter mengandalkan mikroskop okuler untuk bisa mendapatkan tampilan mata secara menyeluruh (top-down).

Baca juga: Terapi Robotik untuk Pasien Stroke

Mengadopsi dari teknologi yang telah digunakan di Eropa, teknologi operasi semi robotik ini menjadi pilihan yang lebih baik daripada operasi dengan mikroskop okuler biasa.

Direktur Utama RS JEC Hospitals and Clinics, Dr Setiyo Budi Riyanto mengatakan teknologi ini menjadikan operasi gangguan mata retina dan katarak lebih nyaman dilakukan oleh dokter dan pasien.

Teknologi operasi semi robotik yang dimaksud adalah implementasi teknologi operasi melalui pengaturan komputer dan alat-alat yang digunakan dan dilakukan dokter berdasarkan data dasar gangguan mata pasien yang akan dioperasi.

Baca juga: Seberapa Penting Mempelajari Robotik di Sekolah?

"Kalau operasi full robot itu kita pakai robot, tapi semi robotic itu karena kita setting (atur) dari komputernya saja. Tidak pakai tangan lagi, tapi pakai laser dan setting komputer, jadi yang main benar-benar komputer yang kita setting tadi," kata Budi dalam konferensi pers JEC: Teknologi Semi-robotic Surgery dan Layanan Ophtapmic Trauma, Jakarta, Jumat (7/2/2020).

Penggunaan operasi dengan semi robotik ini, kata Budi, menjadi tindakan operasi yang lebih baik daripada manual. Sebab, akurasi dari pengaturan komputer dan alat-alat teknologi semi robotik itu mencapai 80 persen.

Teknologi operasi semi robotik ini juga dinilai lebih efektif untuk meminimalisir kesalahan dalam operasi mata yang dianggap rentan sekali. Operasi mata dengan teknologi ini diklaim lebih efisien waktu, dari biasanya operasi 2-3 jam, dengan semi robotik ini bisa selesai dalam setengah jam saja.

Baca juga: Teknologi Baru Ini Bantu Ahli Deteksi Alzheimer Lewat Bola Mata

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X