Rahasia Alam Semesta, Kenapa Langit Senja dan Fajar Berwarna Orange?

Kompas.com - 01/02/2020, 17:33 WIB
Matahari terbenam sempurna di atas lautan dilihat dari Bukit Paralayang Watugupit, Minggu (19/1/2020). KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYAMatahari terbenam sempurna di atas lautan dilihat dari Bukit Paralayang Watugupit, Minggu (19/1/2020).


KOMPAS.com - Langit berwarna biru selalu indah dipandang, tetapi saat senja atau fajar, kenapa warna orange keemasan atau ungu jauh lebih memancar?

Siapa yang tidak menyukai langit senja? Kadang pancaran cahayanya berkilau orange keemasan dengan gradasi ungu violet yang unik.

Bahkan, warna ini juga sering tampak di pagi hari, di saat fajar ketika matahari terbit. Lantas, apa yang menentukan warna langit, baik saat matahari terbit maupun terbenam?

Steven Ackerman, profesor meteorologi dari University of Wisconsin, Madison mengatakan warna-warna matahari terbenam dihasilkan dari sebuah fenomena yang disebut scattering atau pemendaran cahaya.

Baca juga: Puncak Watu Api Melo, Tempat Terbaik Menyaksikan Matahari Terbenam di Ujung Barat Pulau Flores

Molekul dan partikel kecil di atmosfer mengubah arah sinar cahaya, sehingga menyebabkannya berhamburan atau berpendar di udara, seperti dilansir dari Science Daily, Sabtu (1/2/2020).

Hamburan memengaruhi warna cahaya yang datang dari langit, tetapi detailnya ditentukan oleh panjang gelombang cahaya dan ukuran partikel.

Gelombang cahaya biru dan ungu yang pendek tersebar oleh molekul di udara melebih spektrum warna lainnya.

Inilah yang menyebabkan mengapa cahaya biru dan ungu mencapai mata kita dari segala arah saat cuaca cerah.

Baca juga: Mars Membiru Saat Senja, Ini Alasannya

Akan tetapi, karena mata kita tidak bisa melihat violet dengan baik, maka langit tampak berwarna biru

Ackerman mengatakan pemendaran juga menjelaskan bagaimana warna matahari terbit dan terbenam.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X