Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ISS Akan Punya Hotel Kapsul untuk Turis Luar Angkasa

Kompas.com - 31/01/2020, 20:32 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

KOMPAS.com – National Aeronautics and Space Administration (NASA) telah memilih satu perusahaan untuk membuat hotel kapsul di International Space Station (ISS).

Pembuatan hotel ini ditujukan untuk tempat tinggal kru ISS, serta tempat menginap turis luar angkasa di masa mendatang.

Baca juga: Menegangkan, Helm Astronot Wanita Rusak saat Spacewalk di ISS

Mengutip The Independent, Jumat (31/1/2020), “bangunan” tambahan di ISS juga akan memiliki fasilitas penelitian serta observatorium berjendela besar.

Perusahaan itu bernama Axiom, yang berbasis di Texas. Axiom mengatakan rencananya “hotel kapsul” tersebut akan diluncurkan ke luar angkasa pada 2024.

Perjalanan ke luar angkasa

Tahun lalu, NASA mengumumkan bahwa mereka akan menerima turis luar angkasa di International Space Station. Hal tersebut bertujuan untuk menggaet perusahaan-perusahaan komersial untuk bekerja sama dalam hal eksplorasi luar angkasa.

Menambahkan bagian baru dari ISS berarti membuka peluang untuk kedatangan lebih banyak orang.

Desain hotel kapsul di ISSAXIOM/PHILIPPE STARCK Desain hotel kapsul di ISS

Di waktu mendatang, Axiom berharap akan terus menambahkan bagian-bagian baru untuk ISS. Sehingga nanti ketika ISS sudah harus “pensiun”, sebuah armada baru telah siap menggantikannya.

Pada 2018, Axiom menggaet desainer Philippe Starck untuk membuat interior yang pas untuk hotel kapsul di luar angkasa. Starck mendeskripsikan modelnya sebagai “telur yang nyaman”.

“Visi Starck adalah untuk membuat sarang, berbentuk telur yang nyaman, dengan warna-warna alami. Bagian dindingnya akan ditempeli lampu LED sehingga berubah warna sebagai kontinuitas dari jendela besar di dalamnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com