Kompas.com - 24/01/2020, 18:02 WIB
Funnel-web spider AUSTRALIAN REPTILE PARKFunnel-web spider

KOMPAS.com – Usai kebakaran hutan yang disebut-sebut terbesar sepanjang sejarah, Australia mulai dituruni hujan. Termasuk di wilayah Sydney dan sekitarnya.

“Kami menyampaikan pesan peringatan kepada warga, udara lembap usai hari-hari panas adalah waktu terbaik untuk funnel-web spider menetas,” tutur Australian Reptile Park seperti dikutip dari Science Alert, Jumat (24/1/2020).

Australia adalah rumah bagi setidaknya 40 jenis funnel web-spider. Salah satu jenisnya merupakan laba-laba berbisa yang sangat berbahaya, yaitu Atrax robustus.

Baca juga: Misi Rahasia Damkar Australia Selamatkan “Pohon Dinosaurus” Langka dari Kebakaran

Atrax robustus merupakan hewan endemik Australia bagian timur, dan dikenal sebagai Sydney funnel-web spider.

Tiap tahun, ketika udara menjadi lembap, hewan inverterbrata ini bertelur dan menetaskan telurnya di dalam tanah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Laba-laba jantan memiliki bisa enam kali lebih mematikan dibanding betina. Jenis inilah yang harus diwaspadai masyarakat Australia.

Anti-venom

Australian Reptile Park telah mengembangkan anti-venom untuk funnel-web spider sejak 1980. Untuk membuat anti-venom ini, ilmuwan mengekstraksi “saripati” laba-laba jantan dan menyuntikkannya pada kelinci.

Antibodi dari mamalia tersebutlah yang kemudian menjadi anti-venom yang bisa digunakan untuk menyelamatkan ratusan nyawa manusia.

Tiap tahun, ada sekitar 30-40 kasus digigit laba-laba yang dilaporkan.

Baca juga: Ketika Racun Laba-laba Mematikan Jadi Penyelamat Nyawa Penderita Stroke

Australia Reptile Park menjelaskan mudahnya menangkap laba-laba ini menggunakan toples, dengan jarak aman sekitar 20 sentimeter. Ketika laba-laba masuk dalam toples, masukkan kapas basah untuk laba-laba bisa minum dan bawalah ke drop zone di Sydney.

“Hanya dengan berdonasi ke Reptile Park, Anda berkontribusi untuk menyelamatkan nyawa orang lain,” tutur Australian Reptile Park.

Jika tergigit funnel-web spider, baiknya Anda harus langsung mendatangi rumah sakit untuk diberikan anti-venom.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.