BMKG: Waspada Hujan Lebat dan Gelombang Tinggi, Ini Daftar Wilayahnya

Kompas.com - 24/01/2020, 17:03 WIB
ilustrasi hujan shutterstockilustrasi hujan

KOMPAS.com - Hingga esok hari, Sabtu (25/1/2020), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) menyebutkan adanya peluang hujan intensitas lebat hingga gelombang tinggi yang akan terjadi di berbagai wilayah Indonesia.

Hal itu dikatakan oleh Deputi Bidang Meteorologi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Drs R Mulyono R Prabowo MSc.

Prakiraan tersebut telah dikonfirmasi berdasarkan hasil analisis yang dilakukan oleh BMKG. Setidaknya ada tiga hal yang menjadi dasar prakiraan cuaca tersebut.

1. Konvergensi (pertemuan angin)

Terdapat pertemuan angin yang memanjang dari pesisir barat Sumatera Barat hingga pesisir Barat lampung, memanjang dari Jawa Barat bagian Utara, Jawa Tengah dan Jawa Timur bagian Utara.

Pertemuan angin memanjang juga dilihat dari Bali bagian Utara hingga Nusa Tenggara Barat bagian utara, dari Sulawesi Tengah bagian Selatan hingga perairan Selatan Sulawesi Selatan, serta memanjang di perairan Utara Papua Barat hingga Papua Barat bagian Tengah.

"Kondisi ini berpeluang meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan," kata dia.

2. Labilitas lokal kuat

Labilitas lokal kuat yang berinteraksi dengan faktor topografi yang kompleks yaitu di sekitar pantai, pegunungan, perbukitan dan lainnya.

Kondisi labilitas lokal tersebut yang kemudian mendukung proses konvektif pada skala lokal terutama di Aceh, Pesisir Barat Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung bagian Barat, Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, SUlawesi Tengah bagian Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara bagian Barat, dan Papua bagian Tengah.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X