3 Monyet Surili Berkeliaran di Perumahan Warga, Ahli Jelaskan

Kompas.com - 23/01/2020, 18:02 WIB
Monyet surili atau White Thighed Surili Monkey (Presbytis siamensis) Monyet surili atau White Thighed Surili Monkey (Presbytis siamensis)

KOMPAS.com - Tiga ekor monyet surili atau lutung surili (Presbytis comata) ditemukan berkeliaran di permukiman warga di Cianjur, Jawa Barat.

Menurut Peneliti Mamalia dari Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia (LIPI), Prof Dr Ir Ibu Maryanto MSi, monyet surili yang berkeliaran di perumahan itu merupakan peliharaan yang dilepaskan oleh pemiliknya.

"Kemungkinan besar monyet-monyet tersebut awalnya ada yang memelihara, namun karena takut terkena sanksi undang-undang, monyet-monyet itu dilepaskan,” kata Ibnu, melalui rilis resmi LIPI, Selasa (21/1/2020).

Baca juga: Surili Berkeliaran di Permukiman, Monyet Langka Maskot PON Jabar 2016, Diduga Binatang Peliharaan

Hal ini menjadi sorotan peneliti dikarenakan monyet surili termasuk mamalia yang dilindungi dalam status konservasi Keputusan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Primata ini juga termasuk dalam CITES (2019) dan IUCN Red List of Threatened Species (2019), tentang satwa yang dilindungi.

Meskipun tidak berbahaya, kata Ibnu, tiga monyet surili yang berkeliaran tidak pada habitat aslinya ini meresahkan warga karena dianggap menganggu tumbuhan budidaya milik warga.

"Makanan monyet ini adalah buah-buahan dan daun-daunan hutan. Saat berkeliaran di masyarakat dia jadi memakan tumbuhan budidaya warga," kata dia.