Waspada Potensi Hujan Lebat di Jabodetabek hingga Akhir Pekan

Kompas.com - 09/01/2020, 09:10 WIB
Ilustrasi hujan di daerah tropis. SHUTTERSTOCKIlustrasi hujan di daerah tropis.

KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kembali mengingatkan masyarakat untuk waspada potensi hujan intensitas sedang hingga lebat terjadi di wilayah Jabodetabek periode Kamis- Minggu, 9 - 12 Januari.

Deputi Bidang Meteorologi, Drs R Mulyono R Prabowo MSc, mengatakan bahwa hujan dengan intesitas sedang hingga lebat masih berpotensi terjadi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi pada 9-12 Januari 2020.

"Namun, tidak se-ekstrem hujan yang terjadi pada tanggal 1 Januari lalu," kata Mulyono.

Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan dari adanya hujan sedang hingga lebat ini.

Baca juga: BMKG: Waspada Hujan Lebat 3 Hari ke Depan, Ini Daftar Wilayahnya

Adapun dampak yang dapat ditimbukan dari adanya hujan dengan intensitas sedang hingga berat, seperti angin kencang, genangan, banjir, banjir bandang, tanah longsor, pohon tumbang dan jalan yang licin.

Hasil analisis dinamika atmosfer menunjukkan potensi hujan intensitas sedang hingga lebat ini terjadi karena berbagai faktor berikut.

1. Aktivitas monsun Asi masih signifikan.

2. Gelombang atmosfer Madden Julian Oscilation (MJO) masih aktif di wilayah Indonesia.

3. Pola konvergensi angin yang memanjang mulai dari Banten bagian utara hingga Nusa Tenggara sebagai akibat dari adanya pusat tekanan rendah di Barat Laut Australia.

4. Bibit Siklon Tropis di sekitar Teluk Carpentaria Australia.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X