Kompas.com - 08/01/2020, 07:40 WIB

KOMPAS.com — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) terus memberikan peringatan dini terkait potensi cuaca ekstrem ataupun hujan ekstrem yang akan melanda berbagai wilayah di Indonesia.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, MSc mengatakan bahwa secara keseluruhan dalam sepekan ke depan, banyak wilayah perlu mewaspadai cuaca ekstrem berupa hujan intensitas tinggi ataupun ekstrem.

Wilayah-wilayah ini mencakup Sumatera bagian selatan, seluruh Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku hingga Papua, sebagian Kalimantan, dan Sulawesi.

Akan tetapi, BMKG baru mengeluarkan prediksi wilayah yang berpotensi hujan lebat untuk tiga hari ke depan, yaitu 8-10 Januari 2020.

Baca juga: 2 Bibit Siklon Tropis Terdeteksi, Ini Dampaknya terhadap Cuaca Indonesia

8-9 Januari

"Dari analisis prediksi BMKG, khususnya untuk antara tanggal 8 dan 9 (Januari 2020), kami mendeteksi adanya potensi hujan dengan intensitas tinggi, dengan tingkat kepastiannya mencapai 90 persen," kata dia.

Hujan diprediksi akan terjadi di wilayah berikut:

  • Banten bagian barat
  • Jawa Tengah (bagian tengah sampai bagian barat)
  • Gorontalo

9-10 Januari

Pada tanggal 9-10 Januari ini, diprediksikan BMKG, akan terjadi hujan dengan intensitas lebat, dengan tingkat kepastian 90 persen terjadi di wilayah sebagai berikut:

  • Pantai Sumatera Barat
  • Jawa Barat bagian tengah

Baca juga: Besok Pagi, BPPT Bikin Modifikasi Cuaca untuk Atasi Potensi Banjir

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.