Besok Pagi, BPPT Bikin Modifikasi Cuaca untuk Atasi Potensi Banjir

Kompas.com - 02/01/2020, 18:03 WIB
Ilustrasi hujan di daerah tropis. SHUTTERSTOCKIlustrasi hujan di daerah tropis.

KOMPAS.com - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi ( BPPT) bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB) dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) akan bekerjasama menanggulangi banjir di Jabodetabek dan sekitarnya dengan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC).

Kabar ini pun dibenarkan oleh Kepala Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca BPPT, Dr. Tri Handoko Seto, M.Sc.

Dia mengatakan, TMC akan mulai dikerahkan besok pagi, Jumat (3/1/2020) di Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma, Jakarta.

"Tadi hasil rapat memutuskan begitu. Kemudian kita langsung persiapan, sehingga besok pagi akan kita mulai operasi TMC untuk di Jabodetabek. Akan kita laksanakan di (bandara) Halim Perdanakusuma Jakarta," kata Seto dihubungi Kompas.com, Kamis (2/1/2020).

Baca juga: Ingin Atasi Polusi Udara Jakarta, BPPT Tawarkan Teknologi Modifikasi Cuaca

Untuk mekanisme TMC yang akan dilakukan besok, Seto menjelaskan langkah awal yang dilakukan adalah mempelajari mekanisme pertumbuhan awan.

"Pertumbuhan awannya seperti apa. Dia (awan) tumbuh di mana dan bergerak dari mana. Awan-awan yang masuk ke wilayah Jabodetabek dan dapat mengakibatkan hujan dan banjir di Jabodetabek itu akan kita semai," kata Seto.

Dia menjelaskan, penyemaian awan yang dilakukan dengan menggunakan bantuan pesawat CN295 dan Casa bertujuan untuk mempercepat proses penurunan hujan dan akhirnya dapat mengurangi intensitas curah hujan.

"Sehingga saat memasuki Jabodetabek, awannya sudah banyak yang luruh. Jadi saat masuk Jabodetabek, hujannya sudah berkurang," jelas Seto.

Seto melanjutkan, BPPT merencanakan akan menurunkan hujan ke Lampung atau Selat Sunda.

Lokasi penurunan hujan tersebut dipilih setelah mempelajari pertumbuhan awan.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X