Kadal Purba Berusia 309 Juta Tahun Ungkap Bukti Awal Pengasuhan

Kompas.com - 05/01/2020, 09:51 WIB
Fosil kadal purba Dendromaia unamakiensis menjadi bukti awal adanya pengasuhan pada hewan. Fosil ditemukan  di lepas pantai Nova Scotia, Pulau Cape Breton, Kanada www.independent.co.ukFosil kadal purba Dendromaia unamakiensis menjadi bukti awal adanya pengasuhan pada hewan. Fosil ditemukan di lepas pantai Nova Scotia, Pulau Cape Breton, Kanada

KOMPAS.com - Seekor kadal primitif yang hidup 309 juta tahun lalu menjadi bukti pengasuhan tertua pada kingdom animalia (hewan) yang pernah ditemukan.

Fosil kadal purba itu ditemukan di lepas pantai Nova Scotia, Pulau Cape Breton, Kanada.

Saat ditemukan, ekor kadal dewasa tampak melingkari tengkorak kecil yang tampak seperti anaknya.

Hal ini menurut Hillary Maddin, ahli paleontologi di Universitas Carleton, Ottawa, menunjukkan perilaku perawatan induk terhadap sang anak.

Baca juga: 200 Juta Tahun Lalu Ada Kadal Mamalia yang Seukuran Gajah

Memang ahli harus berhati-hati dalam menyimpulkan perilaku tanpa pengamatan langsung.

Namun temuan fosil tersebut tentu bisa ditarfsirkan sebagai bukti hubungan orangtua-anak, yang merupakan persyarakat utama sebuah bentuk bentuk perawatan orangtua.

"Kami percaya itu menunjukkan contoh tertua dari perawatan orang tua yang pernah didokumentasikan," tambah Maddin, seperti dikutip dari The Independent.

Selain itu juga, meski penampilannya seperti kadal, namun spesies yang diberi nama Dendromaia unamakiensis diperkirakan merupakan bagian dari varanopid, salah satu kelompok kadal yang telah punah dan memiliki garis keturunan yang lebih dekat dengan mamalia.

Sehingga temuan yang dipublikasikan dalam jurnal Nature Ecology & Evolution tersebut memberikan wawasan penting mengenai evolusi pengasuhan orangtua terhadap anak yang telah bermula jutaan tahun lalu.

Baca juga: Ini Sebab Darah Kadal Asal Papua Niugini Berwarna Hijau

Dendromaia unamakiensis memiliki rahang panjang, gigi tajam, ekor panjang, tubuh ramping serta kaki yang kurus.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X