Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Harus Pakai Kacamata Khusus saat Melihat Gerhana Matahari?

Kompas.com - 26/12/2019, 12:03 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

KOMPAS.comGerhana matahari cincin, atau kerap disebut ring of fire, tengah terjadi di beberapa negara termasuk Indonesia. Hari ini, gerhana matahari cincin melintasi 25 kota/kabupaten di tujuh provinsi di Nusantara.

Fenomena alam ini baiknya tidak dilewatkan begitu saja. Namun, Anda harus menggunakan kacamata khusus saat melihat gerhana matahari.

Kacamata khusus ini biasanya berbentuk kertas yang bisa dilipat, dengan kaca berwarna gelap. Benda ini wajib digunakan saat melihat gerhana matahari. Mengapa?

Dr Thomas Hwang selaku Pakar Retina dari Oregon Health & Science University (OHSU) Casey Eye Institute menyebutkan bahwa saat gerhana matahari total langit akan menjadi gelap. Namun, ini merupakan saat-saat paling bahaya untuk menatap matahari dengan mata telanjang.

“Jika Anda melihat gerhana matahari dengan mata telanjang, maka retina Anda bisa terbakar dalam hitungan detik. Ini menyebabkan kerusakan retina secara permanen,” tutur dr Thomas seperti dikutip dari Big Think, Kamis (26/12/2019).

Baca juga: Hari Ini Gerhana Matahari Cincin, Berikut Prakiraan Cuaca BMKG

Momen gerhana matahari sangat bahaya untuk mata karena energi matahari terkonsentrasi pada bagian tengah pandangan Anda. Jika hal ini terjadi, Anda akan mengalami solar retinopathy yang menyebabkan adanya blind spot pada mata.

Semakin lama mata Anda melihat atau tereskpos secara langsung oleh gerhana matahari, semakin besar juga kerusakan pada retina.

Bahkan, menurut dr Thomas, meski menggunakan kacamata khusus pun Anda sebaiknya tidak boleh terlalu lama melihat matahari.

Dua menit berharga

Secara teknis, saat matahari tertutup sempurna oleh bulan, Anda bisa melihatnya dengan mata telanjang. Namun ingat, momen puncak gerhana ini hanya berlangsung selama sekitar dua menit lamanya.

Selebihnya, Anda tetap harus menggunakan kacamata khusus untuk menghindari kerusakan pada mata.

Baca juga: Gerhana Matahari Cincin, Ini Persiapan Komunitas Astronomi di Singkawang

Namun ingat, jangan gunakan kacamata khusus abal-abal yang dijual di pasaran dengan harga murah. Beberapa kacamata khusus telah tersertifikasi oleh American Astronomical Society (AAS).

Jangan gunakan kacamata khusus tersebut jika rusak, tergores, atau sobek. Hal ini akan meminimalisir fungsi kacamata tersebut, dan tetap menimbulkan kerusakan pada mata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com