Gerhana Matahari Cincin, Ini Persiapan Komunitas Astronomi di Singkawang

Kompas.com - 26/12/2019, 11:21 WIB
Solarscope untuk memantau Gerhana Matahari Cincin di Singkawang, Kalimantan Barat. KOMPAS.COM/HENDRA CIPTASolarscope untuk memantau Gerhana Matahari Cincin di Singkawang, Kalimantan Barat.

SINGKAWANG, KOMPAS.com - Fenomena astronomi gerhana matahari cincin (GMC) akan melewati wilayah Indonesia pada Kamis (26/12/2019) hari ini.

Satu di antara 25 kota yang akan dilewati gerhana matahari cincin adalah Singkawang, Kalimantan Barat.

Di Singkawang sendiri, ada sejumlah spot pemantauan gerhana. Salah satunya di Dayang Resort yang diprakarsai tim komunitas edukasi astronomi untuk masyarakat Indonesia: Langitselatan.

Untuk menggelar pemantauan, mereka telah tiba di Kota Seribu Klenteng ini sejak Senin (23/13/2019) dan melakukan sejumlah persiapan, mulai simulasi pemantauan serta pengamatan bintang dan planet hingga cuaca.

Baca juga: Hari Ini Gerhana Matahari Cincin, Berikut Prakiraan Cuaca BMKG

Pantauan Kompas.com di lokasi, langit tampak cerah dan biru, hanya ditutupi awan tipis. Puluhan tamu Hotel Dayang Resort juga tampak menunggu terjadinya gerhana.

Ajeng Tri Handini selaku Edukator Komunitas Langitselatan mengatakan, mereka menyiapkan sejumlah perlengkapan untuk pemantauan gerhana, ada 2 solar scope, 1 telescope meade, 1 telescoper skywattcher + OTA Lunt, telescope ioptron + OTA celestron.

"Ada juga kacamata matahari untuk digunakan pengunjung Dayang Resort," kata Ajeng, Kamis (26/12) pagi.

Persiapan melihat Gerhana Matahari Cincin di Singkawang, Kalimantan BaratKOMPAS.COM/HENDRA CIPTA Persiapan melihat Gerhana Matahari Cincin di Singkawang, Kalimantan Barat

Berdasarkan perkiraan, gerhana matahari cincin di Singkawang akan dimulai pukul 10.43 WIB. Sedangkan puncak gerhana akan terjadi pukul 12.42 WIB dan berakhir pukul 14.31 WIB.

Sebagaimana diketahui, gerhana matahari cincin terjadi ketika matahari, bulan, dan bumi tepat segaris.

Saat itu, piringan bulan yang teramati dari bumi lebih kecil dibandingkan piringan matahari.

Ketika puncak gerhana, matahari akan tampak seperti cincin, yakni gelap di bagian tengahnya dan terang di bagian pinggirnya.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X