Gerhana Matahari Cincin, Ini Persiapan Komunitas Astronomi di Singkawang

Kompas.com - 26/12/2019, 11:21 WIB
Solarscope untuk memantau Gerhana Matahari Cincin di Singkawang, Kalimantan Barat. KOMPAS.COM/HENDRA CIPTASolarscope untuk memantau Gerhana Matahari Cincin di Singkawang, Kalimantan Barat.

SINGKAWANG, KOMPAS.com - Fenomena astronomi gerhana matahari cincin (GMC) akan melewati wilayah Indonesia pada Kamis (26/12/2019) hari ini.

Satu di antara 25 kota yang akan dilewati gerhana matahari cincin adalah Singkawang, Kalimantan Barat.

Di Singkawang sendiri, ada sejumlah spot pemantauan gerhana. Salah satunya di Dayang Resort yang diprakarsai tim komunitas edukasi astronomi untuk masyarakat Indonesia: Langitselatan.

Untuk menggelar pemantauan, mereka telah tiba di Kota Seribu Klenteng ini sejak Senin (23/13/2019) dan melakukan sejumlah persiapan, mulai simulasi pemantauan serta pengamatan bintang dan planet hingga cuaca.