Kompas.com - 26/12/2019, 12:03 WIB
Kacamata khusus untuk mengamati gerhana matahari. gerhanaindonesia.idKacamata khusus untuk mengamati gerhana matahari.

KOMPAS.comGerhana matahari cincin, atau kerap disebut ring of fire, tengah terjadi di beberapa negara termasuk Indonesia. Hari ini, gerhana matahari cincin melintasi 25 kota/kabupaten di tujuh provinsi di Nusantara.

Fenomena alam ini baiknya tidak dilewatkan begitu saja. Namun, Anda harus menggunakan kacamata khusus saat melihat gerhana matahari.

Kacamata khusus ini biasanya berbentuk kertas yang bisa dilipat, dengan kaca berwarna gelap. Benda ini wajib digunakan saat melihat gerhana matahari. Mengapa?

Dr Thomas Hwang selaku Pakar Retina dari Oregon Health & Science University (OHSU) Casey Eye Institute menyebutkan bahwa saat gerhana matahari total langit akan menjadi gelap. Namun, ini merupakan saat-saat paling bahaya untuk menatap matahari dengan mata telanjang.

“Jika Anda melihat gerhana matahari dengan mata telanjang, maka retina Anda bisa terbakar dalam hitungan detik. Ini menyebabkan kerusakan retina secara permanen,” tutur dr Thomas seperti dikutip dari Big Think, Kamis (26/12/2019).

Baca juga: Hari Ini Gerhana Matahari Cincin, Berikut Prakiraan Cuaca BMKG

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Momen gerhana matahari sangat bahaya untuk mata karena energi matahari terkonsentrasi pada bagian tengah pandangan Anda. Jika hal ini terjadi, Anda akan mengalami solar retinopathy yang menyebabkan adanya blind spot pada mata.

Semakin lama mata Anda melihat atau tereskpos secara langsung oleh gerhana matahari, semakin besar juga kerusakan pada retina.

Bahkan, menurut dr Thomas, meski menggunakan kacamata khusus pun Anda sebaiknya tidak boleh terlalu lama melihat matahari.

Dua menit berharga

Secara teknis, saat matahari tertutup sempurna oleh bulan, Anda bisa melihatnya dengan mata telanjang. Namun ingat, momen puncak gerhana ini hanya berlangsung selama sekitar dua menit lamanya.

Selebihnya, Anda tetap harus menggunakan kacamata khusus untuk menghindari kerusakan pada mata.

Baca juga: Gerhana Matahari Cincin, Ini Persiapan Komunitas Astronomi di Singkawang

Namun ingat, jangan gunakan kacamata khusus abal-abal yang dijual di pasaran dengan harga murah. Beberapa kacamata khusus telah tersertifikasi oleh American Astronomical Society (AAS).

Jangan gunakan kacamata khusus tersebut jika rusak, tergores, atau sobek. Hal ini akan meminimalisir fungsi kacamata tersebut, dan tetap menimbulkan kerusakan pada mata.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X