Kenali Gejala Hepatitis A yang Dapat Menyerang Anak-anak

Kompas.com - 21/12/2019, 11:09 WIB
Foto dirilis Kamis (5/12/2019), memperlihatkan anak-anak bermain di kompeks hunian sementara (huntara) yang dibangun Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Kelurahan Talise Palu, Sulawesi Tengah. Sedikitnya 30 unit huntara atau sebanyak 360 bilik bagi para penyintas yang mayoritas korban terjangan tsunami tersebut dibangun dan tersebar di tiga lokasi, masing-masing di Kelurahan Talise, Layanan, dan Mamboro. ANTARA FOTO/BASRI MARZUKIFoto dirilis Kamis (5/12/2019), memperlihatkan anak-anak bermain di kompeks hunian sementara (huntara) yang dibangun Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Kelurahan Talise Palu, Sulawesi Tengah. Sedikitnya 30 unit huntara atau sebanyak 360 bilik bagi para penyintas yang mayoritas korban terjangan tsunami tersebut dibangun dan tersebar di tiga lokasi, masing-masing di Kelurahan Talise, Layanan, dan Mamboro.

KOMPAS.COM - Baru-baru ini, Kota Depok menetapkan KLB (Kejadian Luar Biasa) karena banyaknya kasus hepatitis A yanG menyerang masyarakat.

Bukan hanya dewasa saja, ternyata, 9 dari 10 anak yang berusia kurang dari 10 tahun di Indonesia terkena hepatitis A.

Hepatitis A merupakan penyakit yang ditandai dengan peradangan pada organ hati.

Hati memiliki fungsi yang penting, yaitu untuk memproses nutrisi makanan yang dikonsumsi dan menetralisir racun-racun yang mengalir dalam darah.

Jika terkena virus hepatitis A, hal yang selanjutnya terjadi adalah peradangan di hati. Inilah yang membuat proses penyaringan dan penetralisir racun menjadi terganggu.

Baca juga: Penyakit Hepatitis A Masih Mewabah, Begini 7 Langkah Pencegahannya

Penularan virus dapat melalui anak-anak, misalnya, ketika orang tua yang sedang merawat anaknya yang terinfeksi hepatitis A, petugas medis yang merawat pasien hepatitis a, pengajar di TPA anak-anak, atau kondisi yang tidak higienis.

Gejala hepatitis A pada anak

dr. Nina Dwi Putri, Sp. A-K, MSc, Spesialis Dokter Anak menjelaskan, gejala awal hepatitis a yang terjadi pada anak biasanya ditandai dengan mual, muntah, nyeri perut, diare, demam, lemah, dan nafsu makan berkurang.

Akan tetapi, Nina menegaskan bahwa transmisi penularan sudah terjadi dari gejala awal ini.

“Jadi, gejala awal yang berkeliaran ini sudah melakukan penularan. Khususnya Depok yang ada gejala awal ini, hati-hati ya, mungkin saja anak-anak Ibu dan Bapak sudah terkena hepatitis A,” ujarnya saat ditemui dalam acara National Media Briefing on Hepatitis A, Kota Depok (19/12/2019).

Gejala selanjutnya adalah perubahan warna kulit atau mata menjadi kuning.

Biasanya, perubahan warna ini terjadi setelah satu minggu mengalami gejala awal yang sudah disebutkan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X