Kompas.com - 20/12/2019, 18:04 WIB

KOMPAS.com - Sepekan ke depan, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) megidentifikasikan adanya potensi hujan lebat di beberapa wilayah Indonesia.

Hasil pantauan BMKG, kondisi atmosfer pada 19 Desember 2019 menunjukkan adanya tekanan udara di wilayah Indonesia pada umumnya sekitar 1010 hPa.

Sub Bidang Prediksi Cuaca Muhammad Fadli MSi., melalui rilis resmi yang dikeluarkan BMKG menyatakan terpantau adanya pola sirkulasi di sekitar pesisir utara Jawa Barat.

Tidak hanya itu, terdapat daerah pertumbuhan awan hujan akibat pertemuan dan belokan angin berada di pesisir timur Sumatera Utara hingga Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Banten, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Selat Makassar, Sulawesi Tenggara, Kepulauan Maluku, Maluku Utara, Laut Banda, Laut Arafuru, Papua Barat dan Papua.

Baca juga: Sudah Musim Hujan, Lakukan 7 Hal Ini agar Tidak Tersambar Petir

Sementara itu, suhu muka laut umumnya berkisar antara 27,0 derajat Celcius dengan anomali suhu muka laut (+1.0 derajat celcius -+3,0 derajat celcius) berada di Selat Malaka, Selat Karimata, Laut Jawa, Selat Sunda, Laut Sulawesi, Selat Makassar, Teluk Tomini, Teluk Bone, Selat Madura, Selat Bali, Laut Banda, Laut Flores, Laut Seram, Laut Maluku, Laut Halmahera, Teluk Cendrawasih, Samudera Hindia Selatan Jawa-NTT, dan Laut Arafuru.

"Berdasarkan kondisi tersebut, sejumlah wilayah Indonesia berpotensi mengalami hujan lebat," kata Fadli.

Pada 20-21 Desember 2019, wilayah yang berpotensi terjadi hujan lebat antara lain:

- Aceh

- Sumatera Utara

- Sumatera Barat

- Riau

- Jambi

- Sumatera Selatan

- Kepulauan Bangka Belitung

- Lampung

- DKI Jakarta

- Jawa Barat

- Jawa Tengah

- DIY Yogyakarta

- Jawa Timur

- Nusa Tenggara Barat

- Nusa Tenggara Timur,

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.