Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[VIDEO] Begini Fasilitas Rumah Sakit Kapal Tongkang Pertama di Indonesia

Kompas.com - 01/12/2019, 20:06 WIB
Sherly Puspita,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

KOMPAS.comRumah Sakit Apung (RSA) Nusa Waluya II merupakan rumah sakit yang berdiri di atas tongkang pertama di Indonesia.

RSA Nusa Waluya II merupakan layanan terbaru doctorSHARE yang berada di bawah naungan Yayasan Dokter Peduli, didirikan oleh dr Lie Dharmawan.

Karena didirikan di atas tongkang, rumah sakit ini dapat menjangkau pelosok-pelosok daerah di Indonesia.

Pada 23 November - 1 Desember 2019, RSA ini merapat di Jakarta.

Baca juga: Mengintip Nusa Waluya II, Rumah Sakit Apung Pertama di Atas Tongkang

Pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit ini setara dengan rumah sakit tipe C di darat, dan memiliki jangka waktu pelayanan yang lebih lama di wilayah kepulauan.

Sebelum berlayar ke Jakarta, RSA Nusa Waluya II berlabuh di Pelabuhan Pantoloan, Kota Palu pada 16 November 2018 hingga 15 Februari 2019.

Tim relawan bersama RSA Nusa Waluya II membantu pemulihan pasca-bencana yang melanda Sulawesi Tengah.

Rusaknya sejumlah fasilitas kesehatan akibat bencana di Palu membuat masyarakat kesulitan saat membutuhkan layanan kesehatan.

Rumah sakit apung Nusa Waluya II milik doctorSHAREs ( Yayasan Dokter Peduli) tengah berlabuh di Jakarta, Kamis (28/11/2019). DoctorSHAREs adalah lembaga non profit yang fokus menangani layanan kesehatan medis dan bantuan kemanusiaan.KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO Rumah sakit apung Nusa Waluya II milik doctorSHAREs ( Yayasan Dokter Peduli) tengah berlabuh di Jakarta, Kamis (28/11/2019). DoctorSHAREs adalah lembaga non profit yang fokus menangani layanan kesehatan medis dan bantuan kemanusiaan.

Sejak awal, yayasan ini memang fokus memberikan pelayanan di bidang kesehatan secara gratis bagi masyarakat di wilayah terpencil Indonesia.

Pelayanan medis yang dilakukan doctorSHARE menggunakan sistem “jemput bola”, yakni tim medis datang langsung ke lokasi masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan.

Kompas.com berkesampatan melihat langsung fasilitas yang disediakan RSA dan bertemu dengan para relawan dengan beragam cerita menariknya.

Simak selengkapnya dalam video berikut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com