Penyakit Kulit Vitiligo Bisa Diobati, Ini 4 Jenis Terapinya

Kompas.com - 21/11/2019, 12:06 WIB
Ilustrasi Vitiligo Ilustrasi Vitiligo

KOMPAS.com -  Vitiligo merupakan penyakit tak menular yang membuat seseorang memiliki bercak putih susu pada sebagian kulitnya. Hal ini disebabkan karena tubuh kekurangan melanin, zat yang bertugas memberi warna pada kulit, mata, dan rambut makhluk hidup.

Meski tak akan mengancam jiwa, penyakit kulit vitiligo dapat menurunkan rasa percaya diri penderita, tak jarang menimbulkan stres.

Dokter spesialis kulit dan kelamin senior di Klinik Pramudia, dr Ronny Handoko SpKK mengatakan, bila gejala awal dapat terdeteksi dan segera mendapat penanganan, vitiligo sebenarnya dapat diobati.

"Tapi memang, bisa juga kambuh lagi. Jadi sembuhnya itu cuma sementara dan tidak total. Intinya ada kemungkinan sembuh yang sementara, tapi bisa juga tidak sembuh. Artinya pengobatannya juga bisa jadi seumur hidup sesuai kondisi orangnya," kata Ronny di Jakarta, Rabu (20/11/2019).

Baca juga: Vitiligo, Penyakit Kulit Tak Menular yang Bikin Bercak Putih Muncul

Pengobatan atau terapi vitiligo

Pada dasarnya pengobatan vitiligo ditujukan untuk merangsang sel melanosit kembali memproduksi melanin, sehingga dapat memperbaiki penampilan kulit.

Melanosit merupakan sel-sel pembentuk pigmen pada melanin.

Ronny mengatakan, pengobatan vitiligo untuk anak-anak dan dewasa berbeda. Ya, pengobatan vitiligo harus dilakukan sesuai usia penderita.

Dijelaskan Ronny, pada anak-anak, perlu dilakukan pengobatan secara dini agar penyakit tidak meluas dan tingkat pengobatan lebih baik.

"Terapi yang efektif dan berhasil bagi orang dewasa, belum tentu efektif untuk pasien anak-anak. Jangan over treatment untuk anak-anak karena berhubungan dengan munculnya efek samping. Kalau pasiennya dewasa, dilakukan terapi yang lebih intensif karena pasien lebih kuat dalam menghadapi efek samping yang akan timbul," ujarnya.

Jenis-jenis terapi vitiligo

Terdapat beberapa metode terapi yang semakin berkembang untuk mengatasi vitiligo.

Vitiligo merupakan kondisi kulit langka yang merupakan hilangnya pigmen pada kulit tubuh.COSMOPOLITAN.CO.UK Vitiligo merupakan kondisi kulit langka yang merupakan hilangnya pigmen pada kulit tubuh.

1. Topical corticosteroid (TCS)

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X