Bahaya Mengubur Baterai Handphone Bekas bagi Manusia

Kompas.com - 20/11/2019, 10:23 WIB
Ilustrasi baterai handphone Ilustrasi baterai handphone

KOMPAS.com - Kebiasaan mengubur handphone yang sudah tidak berfungsi ternyata dapat merugikan kesehatan manusia.

Perlu diketahui juga, mengubur handphone bekas bukanlah tindakan ramah lingkungan.

Lantas apa yang sebenarnya terjadi ketika Anda menguburkan baterai bekas yang Anda miliki di rumah?

Baca juga: Sering Pakai “Handphone” Bisa Turunkan Kualitas Sperma

Direktur Komite Penghapusan Bensin Bertimbal (KPBB) Ahmad Safrudin mengatakan, mengubur baterai atau barang elektronik bekas lain dapat berpengaruh ke berbagai hal.

Baterai handphone termasuk e-waste yang mengandung Bahan Beracun Berbahaya (B3) seperti timbal, merkuri, kromium, kadmium, PBDE, dan PBB. Semua zat ini dapat membahayakan kesehatan manusia.

"Itu (mengubur baterai hape) atau apalah sampah elektronik bekas itu, kan ada zat atau limbah buruknya, itu akan menyebar di tanah dan mengalir di zat hara dalam tanah juga air di tanah itu juga," kata Ahmad.

Bagaimana bisa berbahaya?

Ahmad juga menjelaskan mekanisme yang terjadi saat baterai bekas itu dikubur, awalnya baterai akan mengalami karatan, lalu lapisan plastik luar (bungkus) baterai akan terkelupas.

Berikutnya, partikel di bagian-bagian dalam baterai yang berisi zat kimia akan ikut menguap dan menyebar, di unsur hara tanah serta mengalir bersama dengan air tanah.

"Dan itu ( baterai handphone bekas) ada merkuri, ada kadmium, timbal, ada arsen, jadi nanti malah kalau di dalam tanah dia akan larut ke air, kemudian ke bawa ke air sumur kita dan itu bahaya, jadi harus kita hindari," jelas dia.

Selain akan ikut dalam aliran air, tanah di mana tempat Anda menguburkan baterai juga ikut tercemar.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X