Kedekatan Ibu dan Anak, Kunci Tumbuh Kembang Optimal

Kompas.com - 20/11/2019, 07:03 WIB
Ilustrasi ibu dan bayi Ilustrasi ibu dan bayi

KOMPAS.com - Melihat tumbuh kembang seorang anak dapat berlangsung dengan optimal menjadi hal yang diinginkan oleh semua orangtua. Tumbuh kembang anak dipengaruhi oleh berbagai hal, yang terpenting adalah kedekatan ibu dengan anak itu sendiri.

Kedekatan tersebut tidak bisa tergantikan oleh hal apapun, termasuk kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI).

Prof Dr dr Tjhin Wiguna SpPJ(K) menyampaikan bahwa adanya revolusi industri 4.0 atau era Artificial Intelligence (AI) belum mampu menggantikan peran relasi emosi ( bonding) dan kelekatan ibu-anak yang bersifat hakiki. Ikatan tersebut dikatakan hanya ditemukan pada manusia.

Baca juga: Mampukah Kecerdasan Buatan Bantu Tumbuh Kembang Anak?

Meskipun kecanggihan teknologi ataupun kecerdasan buatan telah dapat menggantikan pekerjaan seseorang beserta interaksinya, namun hal itu tidak berlaku untuk perlakuan terhadap seorang anak dari orang tuanya, terutama ibu.

Menurut dr Wiguna, di era revolusi industri 4.0, tantangan terbesar yang dihadapi yaitu mencukupi kebutuhan stimulasi untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan emosi anak.

"Agar generasi penerus mampu memiliki jiwa yang sehat untuk meghadapi perubahan yang cepat dan drastis," kata tuturnya dalam pengukuhannya sebagai guru besar Universitas Indonesia, di IMERI UI, Sabtu (16/11/2019).

Manfaat bonding untuk pertumbuhan anak

Dituturkan dr Wiguna, kemampuan manusia untuk menjalin bonding yang bersifat timbal balik, dinamis, konsisten dan berkelanjutan dengan individu lain merupakan kondisi yang sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak.

" Bonding itu penting bagi pertumbuhan dan perkembangan baik fisik maupun jiwa setiap individu. Tidak terkecuali antara ibu dengan janin yang ada dalam kandungannya, dan antara orangtua dengan anaknya setelah proses kelahiran itu terjadi," tuturnya.

Baca juga: Studi: Ibu Hamil Dilarang Stres, Picu Gangguan Kepribadian pada Anak

Bahkan, adanya bonding yang optimal merupakan suatu prasyarat bagi anak untuk membentuk kelekatan ibu-anak yang bersifat aman atau secure attachment.  Hal ini diawali dari kelekatan kepada ibunya, kemudian berkembang dengan individu lain yang bermakna dalam kehidupan anak.

Kelekatan ibu-anak mulai berkembang dengan pesat di trimester ketiga kehamilan, saat organ penciuman dan pendengaran janin sudah berkembang lebih sempurna. Janin pun mulai belajar mengenali suara, denyut jantung, dan bau tubuh ibunya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X