Pusat Gempa di Laut Maluku, Kenapa Terasa Sampai Manado dan Halmahera?

Kompas.com - 15/11/2019, 09:56 WIB
Pusat gempa M 7,1 di Maluku Utara, Kamis (14/11/2019) pukul 23.17 WIB Dok. BMKGPusat gempa M 7,1 di Maluku Utara, Kamis (14/11/2019) pukul 23.17 WIB

KOMPAS.com - Peristiwa gempa bumi berkekuatan M 7,1 yang mengguncang wilayah Maluku tengah malam tadi, Kamis (14/11/2019) pukul 23.17 WIB. dirasakan hingga Manadi, Gorontalo, Ternate, hingga Halmahera.

Untuk diketahui, episenter gempa terletak pada koordinat 1,67 LU dan 126,39 BT, tepatnya di laut pada jarak 134 km arah Barat Laut Jailolo, Halmahera Barat, Maluku Utara kedalaman 73 km.

Gempa ini merupakan jenis gempa menengah akibat adanya deformasi atau penyesaran dalam Lempeng Laut Maluku.

Jarak Laut Maluku hingga kota Manado adalah sekitar 222 kilometer. Sementara jarak Laut Maluku hingga Halmahera, lebih dari 415 kilometer.

Lantas, kenapa gempa Maluku bisa terasa sampai ke daerah yang posisinya ratusan kilometer dari pusat gempa?

Baca juga: BMKG: Peringatan Dini Tsunami Gempa Maluku M 7,1 Dicabut, Kondisi Aman

Menjawab pertanyaan ini, Kompas.com menghubungi Gayatri Indah Marliyani, pakar Tektonik Aktif Geologi Gempa Bumi dari Departemen Teknik Geologi UGM.

Gayatri menjelaskan, pusat gempa Maluku semalam terjadi di daerah yang memiliki banyak patahan atau sesar naik yang aktif.

"Gempa di Maluku Utara ini terjadi pada zona pertemuan antara dua lempeng samudera di laut Maluku. Di daerah itu banyak terdapat patahan-patahan atau sesar-sesar naik yang aktif," kata Gayatri kepada Kompas.com, Jumat (15/11/2019).

Ditambah lagi, kekuatan gempa cukup besar, yakni M 7,1 dengan kedalaman pada tingkat menengah 27 kilometer. Hal inilah yang membuat guncangan bisa dirasakan merata.

"Magnitudonya cukup besar (M 7.1) dengan kedalaman menengah (27 km) sehingga guncangannya bisa dirasakan meluas dari Sulawesi Utara hingga Kepulauan Halmahera," jelas Gayatri.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X