Gempa Hari Ini: M 5,0 Guncang Bali Utara, Kabar Ada Tsunami Hoaks

Kompas.com - 14/11/2019, 20:32 WIB
Ilustrasi gempa ShutterstockIlustrasi gempa

KOMPAS.com - Sore tadi (14/11/2019) pukul 17.21.39 WIB, pulau Bali diguncang gempa tektonik berkekuatan M 5,0.

Episenter gempa terletak pada koordinat 8.16 LS dan 114.9 BT, tepatnya di laut pada jarak 21 km arah Barat Kota Buleleng, pada kedalaman 10 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa ini merupakan gempa dangkal akibat aktivitas sesar aktif.

Baca juga: Gempa Hari Ini: M5,1 Guncang Ambon, Susulan Gempa September

Menurut Daryono, Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, dugaan kuat pemicu gempa ini adalah aktivitas sesar naik belakang busur (back arc thrust).

"Ini relevan dengan hasil analisis mekanisme sumber yang menunjukkan bahwa gempa memiliki mekanisme pergerakan kombimasi geser dan naik (oblique thrust)," kata Daryono kepada Kompas.com, Kamis (14/11/2019).

Guncangan gempa ini dirasakan di Buleleng dalam skala intensitas III - IV MMI dimana guncangan dirasakan oleh orang banyak cukup kuat.

Sementara di Denpasar, Mataram, Jembrana, Jimbaran, Mengwi, Dalung, Kuta guncangan dirasakan dalam skala intensitas III MMI dirasakan seperti ada truk yang sedang berlalu.

Guncangan juga dirasakan di Banyuwangi, Lombok Barat dalam intensitas II MMI benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Hingga pukul 18.09 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya aktivitas gempa 9 kali susulan (aftershock).

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X