Serba-serbi Bokong Gatal, Penyebab, Penanganan dan Pencegahannya

Kompas.com - 15/11/2019, 07:04 WIB
ilustrasi bokong shutterstockilustrasi bokong

KOMPAS.COM - Hampir semua orang pernah merasa gatal di bagian bokong. Rasa gatal pada bagian bokong dikenal secara medis dengan istilah pruritus ani.

Selain membuat tidak nyaman, sering kali rasa gatal ini disertai dengan pembengkakakan, bisul, ruam, kulit kemerahan, hingga rasa sakit dan terbakar. Tidak perlu panik, rasa gatal ini ternyata dapat diatasi sendiri di rumah.

Penyebab

Ada banyak hal yang meyebabkan bokong terasa gatal. Dilansir dariHealthline, penyebab bokong gatal sering kali terkait dengan masalah kulit atau medis internal seperti dermatitis atopik bentuk eksim dan psoriasis.

Gatal pada bokong juga bisa diakibatkan karena Anda terlalu kasar dalam menggosok area bokong setelah buang air besar, tidak bersih dalam menyeka bokong, dan terjadi pajanan (kontak fisik) dengan pewangi maupun pewarna yang ada di kertas toilet, sabun, atau deterjen pakaian.

Selain itu, kondisi medis tertentu juga dapat menyebabkan gatal pada bokong, seperti diare, wasir, infeksi parasir, infeksi menular seksual, infeksi bakteri, infeksi ragi, inkontenensia fekal (tinja bocor), dan skin tags (daging tumbuh).

Penyebab lain juga didapatkan dari mengkonsumsi cokelat, makanan pedas, minuman berkafein, tomat, dan obat pencahar untuk memperlancar buang air besar.

Baca juga: Bahaya Pipis Sambil Angkat Bokong di Toilet Duduk

Penanganan

Untungnya, ketidaknyamanan akibat bokong yang gatal, sering kali bisa ditangani dengan mudah. Berikut adalah beberapa saran yang dapat Anda lakukan di rumah:

• Oleskan petroleum jelly ke area yang gatal

• Bersihkan area bokong dengan air dan handuk lembut saat mandi

• Keringkan area bokong secara menyeluruh setelah menggunakan kamar kecil dan mandi

• Jangan menggaruk area bokong

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X