Hari Ayah Nasional, Ini Peran Penting Bapak dalam Pengasuhan Anak

Kompas.com - 12/11/2019, 17:03 WIB
Ilustrasi ayah dan anak shutterstockIlustrasi ayah dan anak

KOMPAS.com - Sejak 2006, setiap tanggal 12 November diperingati sebagai Hari Ayah Nasional.

Dilansir sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id, Hari Ayah lahir atas prakarsa paguyuban Satu Hati, lintas agama dan budaya yang bernama Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP).

Apakah ayah berperan dalam kehidupan kita? Jawabannya tentu saja, iya.

Baca juga: Pentingnya Dukungan Ayah bagi Keberhasilan Ibu Menyusui

Dulu mungkin ayah dianggap sebagai orang paling dominan dalam keluarga, yang kata-katanya harus diikuti. Ayah pun jauh dari hal-hal berbau pengasuhan anak.

Namun ketika dunia berubah secara sosial, ekonomi, dan teknologi pada abad ke-20, perubahan juga muncul dalam struktur dan fungsi keluarga, termasuk peran ayah.

Sebuah laporan berjudul Fathers and Their Impact on Children's Well-Being membuktikan, anak yang juga diasuh ayah sejak lahir cenderung aman secara emosional, percaya diri, dan memiliki koneksi sosial yang lebih baik hingga dewasa.

Selain itu, cara ayah bermain dengan anak juga berdampak pada perkembangan emosi dan sosial anak.

Disebutkan dalam laporan itu, permainan yang dibuat ayah sejak anak masih bayi hingga prasekolah, kebanyakan merupakan aktivitas yang dapat merangsang perkembangan anak.

Interaksi antara ayah dan anak melalui permainan, membuat anak-anak belajar mengatur emosi perasaan dan perilaku mereka.

Selain itu, ayah yang terlibat dan peduli dalam perkembangan si kecil akan membantunya dalam proses belajar dan pendidikan yang lebih baik.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X