Kompas.com - 01/11/2019, 09:08 WIB
Ilustrasi Kematian Huffington PostIlustrasi Kematian

KOMPAS.com - Banyak agama maupun budaya mempersonifikasikan kematian dalam berbagai cara. Mitologi Yunani misalnya, memiliki figur bersayap bernama Thanatos. Atau Grim Reaper yang merupakan wajah klasik sebuah kematian di masyarakat Barat.

Tetapi sains modern telah menemukan beberapa pola, baik proses biologis maupun fisik, yang memisahkan antara kehidupan dan kematian. Berikut 6 fakta mengenai kematian dilansir dari Big Think.

1. Sadar setelah meninggal

Banyak dari Anda yang membayangkan kematian seperti tidur. Kepala menjadi berat, mata tertutup, menghela nafas terakhir, kemudian pandangan menjadi gelap. Tetapi sayang, hal ini tidak mungkin terjadi secepat itu.

Menurut Dr Sam Parnia, direktur penelitian perawatan kritis dan resusitasi di NYU Langone Medical Center, kesadaran Anda tetap ada bahkan saat kita mati.

Hal ini terjadi karena setelah 20 detik mati klinis, ada gelombang otak yang ditembakkan di korteks serebral - bagian otak untuk sadar dan berpikir.

Baca juga: 6 Hal Aneh yang Terjadi Pada Tubuh Setelah Kematian

Studi yang dilakukan pada tikus laboratorium telah menunjukkan bahwa otak mereka melonjak dengan aktivitas di saat setelah kematian. Mengakibatkan terjadinya rangsangan dan kewaspadaan yang tinggi.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal inilah yang menjelaskan bagaimana orang-orang yang mati suri dapat mengingat secara teknis peristiwa yang mereka alami saat itu.

2. Kehidupan setelah kematian

Meskipun sains belum menemukan bukti bahwa ada kehidupan usai kematian, gen Anda akan terus mengejar kematian.

Sebuah studi yang dipublikasikan di Royal Society’s Open Biology menemukan bahwa lebih dari seribu gen menjadi lebih aktif setelah kematian. Hal ini terjadi usai dilakukan pengamatan ekspresi gen pada tikus mati dan ikan zebra.

Ekspresi yang ditunjukkan ini merupakan sebuah respon stress juga gen perkembangan. Dan dalam beberapa kasus, ekspresi ini bertahan hingga empat hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Big think
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X