Botswana Diklaim Jadi Kampung Halaman Umat Manusia, Ini Kata Para Ahli

Kompas.com - 30/10/2019, 16:34 WIB
Peta persebaran migrasi manusia modern (Homo sapiens) dari kampung halamannya di Botswana, Afrika Selatan. Peta persebaran migrasi manusia modern (Homo sapiens) dari kampung halamannya di Botswana, Afrika Selatan.

KOMPAS.com - Studi terbaru yang terbit di jurnal Nature (28/10/2019) mengungkap bahwa tempat lahir umat manusia ada di sebelah selatan Sungai Zambezi, Botswana, Afrika Selatan.

Penelitian yang dilakukan ilmuwan Australia ini menggunakan 1.200 DNA mitokondria yang digabungkan dengan data geologi dan cuaca.

Dari penelusuran ini, mereka menemukan asal usul nenek moyang manusia yang lahir 200.000 tahun lalu ada di kawasan Botswana, Afrika Selatan.

Namun, temuan ini menimbulkan perdebatan di kalangan ilmuwan genetika lain. Seperti apa tanggapan para ahli?