Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Misteri Tubuh Manusia: Kenapa Lapar Kadang Bikin Mual?

Kompas.com - 30/10/2019, 08:32 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com - Tubuh kita memang penuh dengan fenomena membingungkan. Salah satunya, fenomena mual yang terkadang muncul saat kita lapar.

Fenomena ini memang terkesan kontradiktif. Tubuh malah membuat kita jadi malas makan saat kita membutuhkan makanan.

Namun, menurut pakar gastroeneterologi di Cleveland Clinic, Christine Lee, sebetulnya fenomena ini sangat masuk akal dan mudah dijelaskan.

Kepada Live Science, Selasa (29/10/2019); Lee berkata bahwa perut kita memproduksi asam klorida yang merupakan komponen utama asam lambung untuk memecah makanan.

Namun, ketika kita tidak makan, asam ini akan terus menumpuk di perut hingga ketika naik sampai kerongkongan, menyebabkan GERD yang ditandai dengan rasa panas di dada dan mual.

Baca juga: Halo Prof! Sudah Minum Obat GERD, Kok Mual Tidak Hilang-hilang?

Penyebab lain rasa mual saat lapar bisa jadi ada hubungannya dengan jaringan sinyal di tubuh yang memberitahu Anda rasa lapar.

Sinyal ini diregulasi oleh sistem endokrin yang kemudian akan melepaskan berbagai macam hormon, khususnya ghrelin dan leptin, untuk mengatur rasa lapar dan kenyang.

Ketika tubuh Anda normal, hormon ini akan mengatur dirinya sendiri. Namun, bila Anda mengabaikan sinyal lapar secara terus-menerus dan tidak makan secara teratur, keseimbangan ini bisa terganggu.

Lee mengatakan bahwa beberapa orang lebih sensitif terhadap tingkat hormon. Akibatnya, beberapa orang malah mengalami sedikit rasa mual jika mereka terlalu lapar.

Namun, kata kunci di sini adalah "sedikit". Bila Anda merasa luar biasa mual saat lapar, bisa jadi ada gangguan yang lebih serius, seperti sindrom metabolik yang bisa ditandai dengan tingkat kolesterol, gula darah, tekanan darah yang tidak normal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com