Misteri Tubuh Manusia: Kenapa Lapar Kadang Bikin Mual?

Kompas.com - 30/10/2019, 08:32 WIB
Ilustrasi mual Ilustrasi mual

KOMPAS.com - Tubuh kita memang penuh dengan fenomena membingungkan. Salah satunya, fenomena mual yang terkadang muncul saat kita lapar.

Fenomena ini memang terkesan kontradiktif. Tubuh malah membuat kita jadi malas makan saat kita membutuhkan makanan.

Namun, menurut pakar gastroeneterologi di Cleveland Clinic, Christine Lee, sebetulnya fenomena ini sangat masuk akal dan mudah dijelaskan.

Kepada Live Science, Selasa (29/10/2019); Lee berkata bahwa perut kita memproduksi asam klorida yang merupakan komponen utama asam lambung untuk memecah makanan.

Namun, ketika kita tidak makan, asam ini akan terus menumpuk di perut hingga ketika naik sampai kerongkongan, menyebabkan GERD yang ditandai dengan rasa panas di dada dan mual.

Baca juga: Halo Prof! Sudah Minum Obat GERD, Kok Mual Tidak Hilang-hilang?

Penyebab lain rasa mual saat lapar bisa jadi ada hubungannya dengan jaringan sinyal di tubuh yang memberitahu Anda rasa lapar.

Sinyal ini diregulasi oleh sistem endokrin yang kemudian akan melepaskan berbagai macam hormon, khususnya ghrelin dan leptin, untuk mengatur rasa lapar dan kenyang.

Ketika tubuh Anda normal, hormon ini akan mengatur dirinya sendiri. Namun, bila Anda mengabaikan sinyal lapar secara terus-menerus dan tidak makan secara teratur, keseimbangan ini bisa terganggu.

Lee mengatakan bahwa beberapa orang lebih sensitif terhadap tingkat hormon. Akibatnya, beberapa orang malah mengalami sedikit rasa mual jika mereka terlalu lapar.

Namun, kata kunci di sini adalah "sedikit". Bila Anda merasa luar biasa mual saat lapar, bisa jadi ada gangguan yang lebih serius, seperti sindrom metabolik yang bisa ditandai dengan tingkat kolesterol, gula darah, tekanan darah yang tidak normal.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X