Waspada Dehidrasi saat Cuaca Panas, Ini 3 Hal untuk Mencegahnya

Kompas.com - 27/10/2019, 17:05 WIB
Meminum air untuk menjaga cadangan cairan tubuh dan terhindar dari dehidrasi Shutterstock.comMeminum air untuk menjaga cadangan cairan tubuh dan terhindar dari dehidrasi

KOMPAS.com - Cuaca panas masih akan berlangsung di beberapa wilayah Indonesia. Beberapa hal terkait kesehatan harus diperhatikan, termasuk soal dehidrasi.

Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan, dr Achmad Yurianto, menyebutkan bahwa masyarakat tidak boleh menganggap sepele efek dehidrasi.

Dehidrasi dapat menyebabkan banyak efek buruk terhadap tubuh manusia. Seperti mudah lelah dan mengantuk, kurang fokus, serta gangguan pada ginjal seperti gagal ginjal dan stroke.

“Kinerja ginjal jadi terganggu karena kurang air. Inilah yang jadi penyebab awal gagal ginjal. Juga pada stroke itu tidak tiba-tiba terjadi, itu terjadi karena mengalami dehidrasi. Dehidrasi berat berpengaruh pada otak dan berpotensi mengalami stroke,” kata Achmad di Gedung Kementerian Kesehatan RI, Jumat (25/10/2019).

Baca juga: Cuaca Panas Masih 9 Hari, Ini Daftar Hari Terpanas di Indonesia

Kekurangan air ataupun dehidrasi akan sangat berdampak pada kesehatan. Mengapa demikian?

Dijelaskan oleh Achmad, manusia secara fisiologis didesain pada suhu yang stabil. Dalam kondisi apapun secara sendirinya di dalam tubuh akan mempertahankan kondisi tetap pada suhu 37 derajat Celcius.

Namun, diperlukan penguapan dari tubuh manusia bagian luar yang harus didukung berbagai faktor. Salah satunya konsumsi air, agar suhu di dalam tubuh tetap 37 derajat Celcius.

“Dalam kondisi apapun fisiologi tubuh ini akan dipertahankan oleh tubuh yaitu 37 derajat di dalam (tubuh). Nah itu disebabkan faktor air, ya kita tahu 60-70 persen tubuh kita itu air. Oleh karena itu di dalam rangka menjaga suhu tubuh yang tetap manusia itu bergantung dengan mengkonsumsi air,” tuturnya.

Baca juga: Kenali Tanda Tubuh Dehidrasi

Achmad menyarankan agar setiap orang memperhatikan kebutuhan air di dalam tubuhnya setiap hari, terutama pada saat fenomena suhu yang panas seperti saat ini dengan melakukan tiga hal berikut.

Konsumsi lebih banyak air

“Menjaga suhu tubuh kita, karena manakala kita tidak memiliki cadangan air lagi dalam tubuh kita, suhu tubuh akan meningkat,” ujar dia.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X