Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/10/2019, 12:04 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com - Bambang Brodjonegoro diberi kepercayaan oleh Presiden Joko Widodo untuk menjadi Menteri Riset dan Teknologi sekaligus Kepala Badan Riset Inovasi Nasional dalam Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

Sebelum ditunjuk menjadi Menristek yang menggantikan Mohammad Nasir, Bambang pernah menempati posisi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) pada 2016-2019 dan Menteri Keuangan 2014-2016 dalam Kabinet Kerja.

Berusia 53 tahun, Prof Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, SE, MUP, PhD lahir di Jakarta pada 3 Oktober 1966.

Dia mendapatkan gelar sarjana dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FE UI) pada 1990 dan gelar master di bidang tata kota dari University of Illinois at Urbana-Champaign pada 1993.

Baca juga: Profil Terawan Menteri Kesehatan, Dokter Cuci Otak yang Kontroversial

Bambang kemudian juga mengantongi gelar doktor bidang tata wilayah dan perkotaan dari University of Illinois at Urbana-Champaign pada 1997.

Sebagai seorang akademisi, Bambang menjadi staf pengajar di FE UI, Ketua Jurusan Ekonomi pada 2002-2005, dan dekan termuda di FE UI pada 2005-2009.

Dia juga sempat menjadi visiting fellow dalam The Indonesia Project – Australian National University pada Desember 2004 dan mendapat Eisenhower Fellowships dalam The Single Region Program – Southeast Asia di Amerika Serikat pada September-November 2002.

Di luar dunia akademik, Bambang juga aktif di sejumlah perusahaan dan BUMN. Dia pernah menjabat sebagai Ketua Estimasi Permintaan Kebutuhan Telekomunikasi Lokal PT Telkom Indonesia dan Ketua Dampak Situasi Makroekonomi terhadap Permintaan Telekomunikasi Internasional PT Indosat.

Sebagai Menteri Keuangan, Bambang adalah orang yang menyusun dan mengegolkan undang-undang tax amnesty atau pengampunan pajak.

Lantas ketika menjabat sebagai Kepala Bappenas, dia mengawal rencana pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com