Akhir Bulan Ini, Indonesia Science Expo Akan Digelar Lebih Istimewa

Kompas.com - 18/10/2019, 20:05 WIB
Highlight Program Indonesia Science Expo (ISE) 2019, Jakarta, 18 Oktober 2019 LIPIHighlight Program Indonesia Science Expo (ISE) 2019, Jakarta, 18 Oktober 2019

KOMPAS.com - Sejak diselenggarakan pertama kali pada 2015, Indonesia Science Expo (ISE) secara konsisten menjadi ajang untuk memperkenalkan hasil-hasil terkini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia.

Dengan mengusung tagline "Today and Beyond", ISE 2019 akan digelar pada 23-26 Oktober mendatang di ICE BSD, Serpong, Tangerang Selatan.

Menurut Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Laksana Tri Handoko, bahwa tema yang diangkat dalam pergelaran ISE tahun ini, yaitu keanekaragaman hayati Indonesia untuk kehidupan masa depan yang lebih baik dan berkelanjutan.

"Today and Beyond ini dijadikan tagline, ya karena sains itu tidak hanya hari ini saja. Tapi kita tahu sains itu berkelanjutan. Dan ISE tahun ini lebih istimewa dari tahun-tahun kemarin," kata Handoko di acara Highlight Program Indonesia Science Expo di Gedung LIPI, (18/10/2019).

Baca juga: Membumikan Sains Melalui Indonesia Science Expo 2018

“Sebagai salah satu negara mega biodiversity di dunia, keanekaragaman hayati merupakan salah satu kekuatan Indonesia dalam aktivitas penelitian sehingga bisa berkompetisi dengan negara-negara yang lain yang lebih maju,” imbuh Handoko.

Namun, keanekaragaman hayati Indonesia dalam pergelaran ISE 2019 akan dibalut dalam sentuhan teknologi dan inovasi yang lebih kekinian.

"ISE ini juga menjadi wadah bagi penyedia dan pemakai hasil riset di berbagai sektor," tuturnya.

Berbagai kreativitas akan ditampilkan dalam beragam aktivitas seperti eksibisi hasil penelitian dari lembaga penelitian, perguruan tinggi dan industri. Bahkan, ISE 2019 tahun ini akan menghadirkan lebih dari 300 booth pameran.

Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Menristek Dikti Mohamad Nasir (kiri) dan Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Laksana Tri Handoko (kanan) membuka Indonesia Science Expo di Tangerang, Banten, Kamis (1/11/2018). Presiden mengapresiasi riset dari peneliti muda dan mendorong terobosan baru dari ilmu pengetahuan teknologi dan inovasi. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/wsj.
PUSPA PERWITASARI Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Menristek Dikti Mohamad Nasir (kiri) dan Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Laksana Tri Handoko (kanan) membuka Indonesia Science Expo di Tangerang, Banten, Kamis (1/11/2018). Presiden mengapresiasi riset dari peneliti muda dan mendorong terobosan baru dari ilmu pengetahuan teknologi dan inovasi. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/wsj.

Nanti di ISE tersebut dari keterangan Handoko, akan ada science movie, science show, talkshow, seminar dan konferensi internasional, temu bisnis, juga beragam kegiatan kompetisi ilmiah generasi mudah dalam ajang LIPI Youth Science Fair.

Sekretaris Utama LIPI Nur Tri Aries Suestiningtyas mengatakan hal istimewa pada ISE tahun ini adalah kompetisi inovasi dan invensi remaja tingkat internasional, yakni International Exhibition for Young Inventors (IEYI).

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X