Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/10/2019, 19:04 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Indonesia (UI) mengukuhkan Prof Dr dr Imam Subekti, SpPD-KEMD dan Prof Dr dr Valina Singka Subekti, MSi sebagai Guru Besar pada 12 Oktober 2019.

Menariknya, Prof Imam dan Prof Valina merupakan pasangan suami istri, sehingga ini menjadi kali pertama sepasang suami istri dikukuhkan bersamaan menjadi Guru Besar dalam sejarah UI.

Dalam pengukuhannya, Prof Imam membawakan pidato pengukuhan berjudul "Kolaborasi dalam Pengelolaan Tiroid di Indonesia: Fokus pada Pencegahan Oftalmopati pada Penyakit Grave".

Dia mengatakan, penyakit Graves adalah penyakit autoimun yang ditandai dengan kelenjar tiroid yang aktif dan memproduksi hormon tiroid secara berlebihan. Apabila penyakit Graves juga disertai tanda dan gejala mata – disebut oftalmopati Graves (OG) – yang nyata, maka akan berdampak buruk dan menurunkan kualitas hidup.

Baca juga: Mengenal Oftalmopati Graves, dari Faktor Risiko sampai Pencegahannya

"Padahal oftalmopati Graves merupakan salah satu penyakit tiroid dengan modalitas terapi yang relatif terbatas dan hasil pengobatannya pun masih belum memuaskan," ujarnya.

Sementara itu, pidato pengukuhan Prof Valina berjudul "Sistem Pemilu dan Penguatan Presidensialisme Pasca Pemilu Serentak 2019".

Melalui pidato ini, Prof Valina menyarankan untuk mengubah sistem pemilu, dari yang proporsional terbuka menjadi proporsional terbuka, untuk digunakan dalam pemilu serentak 2024.

Prof Imam dan Prof Valina pun membentuk kolaborasi unik untuk mengabdi negeri. Meski berasal dari bidang yang berbeda, keduanya menjadi mitra untuk memajukan bangsa dalam bidang pendidikan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com