Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/10/2019, 09:43 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

Sumber BBC

KOMPAS.com - Para ilmuwan mengungkap kebiasaan makan manusia purba di Israel ratusan ribu tahun lalu sama seperti manusia modern.

Dalam laporan yang terbit di Jurnal Science Advances edisi 9 Oktober 2019, manusia purba yang hidup 200.000 sampai 420.000 tahun lalu juga gemar makan sumsum yang menempel di tulang hewan.

Hal ini terungkap setelah ilmuwan menganalisis spesimen tulang di gua Qesem, dekat Tel Aviv, Israel.

Ilmuwan mengidentifikasi bekas luka pada sebagian besar permukaan tulang, yang menunjukkan tanda pengawetan dan kebiasan mengonsumsi tulang tersebut tidak saat itu juga.

Baca juga: Arkeolog Israel Klaim Temukan Kota Kuno Berusia 5.000 Tahun

Dari bukti tersebut, ilmuwan menyimpulkan bahwa untuk makan sumsum hewan, mereka harus menyimpan tulang selama beberapa hari sebelum disantap.

Luka pada tulang menunjukkan, manusia purba berusaha keras mengangkat kulit hewan yang telah mengering karena tulang sudah disimpan lama.

Diberitakan BBC, Kamis (10/10/2019), bekas luka ditemukan di 78 persen pada lebih dari 80.000 spesimen tulang hewan yang dianalisis.

Para ahli melakukan simulasi dan menemukan sumsum tulang dapat dimakan hingga 9 minggu. Gambar berikut adalah sumsum pada tulang kaki hewan setelah enam minggu penyimpanan. Para ahli melakukan simulasi dan menemukan sumsum tulang dapat dimakan hingga 9 minggu. Gambar berikut adalah sumsum pada tulang kaki hewan setelah enam minggu penyimpanan.

"Sumsum tulang merupakan sumber nutrisi yang signifikan, dan ini sudah lama tercatat dalam makanan prasejarah," ungkap Ran Barkai dari Universitas Tel Aviv di Israel.

"Sampai sekarang, bukti menunjukkan manusia mengonsumsi sumsum tulang setelah jaringan lunak dihilangkan," imbuh dia.

Profesor Jordi Rosell dari Universitat Rovira i Vargili Spanyol menerangkan, manusia purba di daerah tersebut sering berburu rusa. Daging dan lemaknya dihabiskan di tempat perburuan, yang dibawa pulang ke gua hanya tulang belulang dan tengkorak rusa.

"Kami menemukan banyak tulang kaki rusa, khususnya metapodial, yang memperlihatkan bekas pemotongan, yang tidak mewakili bekas mencabut kulit segar dari tulang dan pengambilan sumsum," katanya.

Baca juga: Patung Kepala Mini Ditemukan di Israel, Mungkinkah Rupa Raja Kuno?

Para peneliti melakukan simulasi keadaan di gua untuk memastikan sumsum tulang memang tetap dapat dimakan sampai sembilan minggu setelah binatang dibunuh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com