Makan Nasi Kadaluarsa Berusia 5 Hari Bisa Menyebabkan Kematian, Benarkah?

Kompas.com - 14/10/2019, 07:03 WIB
Ilustrasi nasi putih AmaritaIlustrasi nasi putih

KOMPAS.com - Bacillus cereus atau biasa disingkat B.cereus bukanlah bakteri yang langka. Ia biasa terkandung dalam tanah, makanan, bahkan perut manusia.

“Habitat alami B.cereus cukup beragam, termasuk tanah, hewan, serangga, debu, dan tanaman,” tutur peneliti bioteknologi di Australian National University, Anukriti Mathur seperti dikutip dari Science Alert, Minggu (13/10/2019).

Anukriti menjelaskan, bakteri ini akan berkembangbiak dengan mengonsumsi nutrisi dari makanan. Termasuk nasi, produk susu, bumbu, makanan kering, dan sayuran.

Baca juga: Sains Diet, Benarkah Tidak Makan Nasi Bikin Cepat Langsing?

Bakteri ini terkadang berguna sebagai probiotik. Namun, ada kalanya bakteri ini bisa berubah menjadi racun terutama jika kita menyimpan makanan dengan cara yang salah.

Jika sudah begitu, bakteri ini bisa menyebabkan keracunan.

B.cereus adalah penyebab banyak jenis penyakit terkait makanan. Namun infeksi dari organisme ini tidak banyak dilaporkan, karena biasanya gejalanya tidak terlihat,” tutur Anukriti.

Kasus

Ada beberapa kasus terkait berkembangnya bakteri ini. Kasus pertama terjadi pada 2005, ketika 5 orang anak dari satu keluarga menjadi sakit karena mengonsumsi salad pasta berusia lima hari.

Berdasarkan kasus tersebut, salad pasta disiapkan pada hari Jumat, kemudian dibawa piknik pada Sabtu. Ketika pulang dari piknik, salad pasta dimasukkan ke dalam kulkas sampai Minggu sore, ketika anak-anak mengonsumsinya untuk makan malam.

Pada malam itu anak-anak tersebut mulai menunjukkan gejala muntah, dan langsung dilarikan ke rumah sakit. Tragisnya, anak terkecil meninggal dunia. Satu anak lainnya mengalami gagal hati namun bertahan. Sementara beberapa anak lainnya bisa ditangani menggunakan cairan infus.

Baca juga: Jangan Salah, Rutin Makan Nasi Putih Tingkatkan Risiko Diabetes

Kasus kedua terjadi pada 2011. Seorang mahasiswa berusia 20 tahun di Belgia biasanya menyiapkan makanan untuk dikonsumsi selama satu minggu. Pada suatu hari ia mengonsumsi spaghetti dan saus tomat.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X